Nugroho, Dwi (2024) UPAYA MENINGKATKAN KEPUASAN DAN KEPERCAYAAN MASYARAKAT BERBASIS KUALITAS LAYANAN DAN CITRA INSTITUSI SATLANTAS POLRESTA BANYUMAS. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Magister Manajemen_20402300204_fullpdf.pdf] Text
Magister Manajemen_20402300204_fullpdf.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of Magister Manajemen_20402300204_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Magister Manajemen_20402300204_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (62kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Service Quality, Citra
Institusi, dan Kepuasan Masyarakat terhadap Kepercayaan Masyarakat dalam
layanan Satlantas Polresta Banyumas. Metode yang digunakan adalah penelitian
eksplanatory research dengan pendekatan asosiatif. Populasi penelitian mencakup
seluruh masyarakat pengguna layanan Satlantas Polresta Banyumas, dan responden
yang terlibat berjumlah 170 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah
probability sampling dengan metode simple random sampling. Pengumpulan data
dilakukan melalui kuesioner pribadi dengan angket tertutup, menggunakan skala
Likert 1-5 dari Sangat Tidak Setuju (STS) hingga Sangat Setuju (SS). Analisis data
dilakukan dengan metode Partial Least Square (PLS).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Service Quality memiliki pengaruh
positif dan signifikan terhadap Kepuasan Masyarakat, yang berarti peningkatan
kualitas layanan akan meningkatkan kepuasan masyarakat. Service Quality juga
berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepercayaan Masyarakat,
menunjukkan bahwa semakin baik kualitas layanan, semakin tinggi kepercayaan
masyarakat terhadap institusi. Citra Institusi berpengaruh positif dan signifikan
terhadap Kepuasan Masyarakat dan Kepercayaan Masyarakat, yang menunjukkan
bahwa peningkatan citra institusi dapat memperbaiki kepuasan dan kepercayaan
masyarakat. Selanjutnya, Kepuasan Masyarakat berpengaruh positif dan signifikan
terhadap Kepercayaan Masyarakat, mengindikasikan bahwa tingkat kepuasan
masyarakat dapat meningkatkan kepercayaan mereka terhadap institusi atau
layanan.

Kata Kunci : Service Quality; Citra Institusi; Kepuasan Masyarakat dan
Kepercayaan Masyarakat.

Dosen Pembimbing: HENDAR, HENDAR | nidn0602016301
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Manajemen
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2025 06:38
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/38665

Actions (login required)

View Item View Item