Puspita, Dora (2024) MARKETING 4.0 ELEMENTS DALAM PENINGKATAN CUSTOMER LOYALTY MELALUI CUSTOMER SATISFACTION. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Magister Manajemen_20402300203_fullpdf.pdf] Text
Magister Manajemen_20402300203_fullpdf.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of Magister Manajemen_20402300203_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Magister Manajemen_20402300203_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (64kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh elemen-elemen dalam
pemasaran 4.0, yaitu Brand Identity, Brand Image, Brand Integrity, dan Brand
Interaction, terhadap Customer Satisfaction dan Customer Loyalty. Berdasarkan
fenomena dan studi sebelumnya, penelitian ini mengidentifikasi adanya gap dalam
penelitian terkait hubungan antara elemen-elemen pemasaran 4.0 dan dampaknya
pada kepuasan serta loyalitas konsumen. Jenis penelitian ini adalah eksplanatory
research dengan pendekatan asosiatif, yang bertujuan untuk menjelaskan dan
menguji hipotesis yang berkaitan dengan hubungan antar variabel. Populasi
penelitian adalah seluruh nasabah Prioritas BRI Kantor Cabang Cepu, dengan
sampel berjumlah 174 responden yang dipilih menggunakan teknik non-probability
sampling, yakni convenience sampling. Pengukuran variabel dilakukan melalui
kuesioner dengan skala Likert 1-5, dan data dianalisis menggunakan metode Partial
Least Square (PLS).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Brand Identity, Brand Image, Brand
Integrity, dan Brand Interaction secara positif dan signifikan memengaruhi
Customer Satisfaction, yang pada gilirannya berpengaruh positif dan signifikan
terhadap Customer Loyalty. Temuan ini menegaskan peran penting elemen-elemen
dalam pemasaran 4.0 dalam meningkatkan kepuasan dan loyalitas konsumen.
Penelitian ini memberikan kontribusi dalam memperkuat teori pemasaran 4.0 dan
memberikan wawasan bagi praktik manajerial dalam mengelola elemen-elemen
merek untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan.

Kata Kunci : Brand Identity; Brand Image; Brand Integrity;Brand Interaction;
Customer Satisfaction;Customer Loyalty.

Dosen Pembimbing: NURCHOLIS, LUTFI | nidn0623036901
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Manajemen
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 19 Feb 2025 06:20
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/38664

Actions (login required)

View Item View Item