Sibagariang, Joshua (2024) PERAN BRAND IMAGE MEWUJUDKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Magister Manajemen_20402300114_fullpdf.pdf] Text
Magister Manajemen_20402300114_fullpdf.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of Magister Manajemen_20402300114_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Magister Manajemen_20402300114_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (38kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji peran brand image dalam mewujudkan keputusan
pembelian dengan tujuan mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh lifestyle dan
e-marketing mix terhadap brand image, serta pengaruh keduanya terhadap
keputusan pembelian. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan
data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan teknik Partial
Least Squares (PLS).
Hasil uji pengaruh langsung menunjukkan bahwa gaya hidup tidak memiliki
pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (t-statistic = 0,575; p-value =
0,566). Sebaliknya, e-marketing mix memiliki pengaruh signifikan terhadap
keputusan pembelian (t-statistic = 2,041; p-value = 0,041). Lifestyle juga tidak
menunjukkan pengaruh signifikan terhadap brand image (t-statistic = 1,475; pvalue
=
0,174),
sementara
e-marketing
mix
memiliki
pengaruh
signifikan
terhadap

brand

image (t-statistic = 5,733; p-value = 0,000). Brand image sendiri terbukti
memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (t-statistic = 4,758; pvalue
=
0,000).
Hasil uji indirect efect menunjukkan bahwa brand image memediasi
pengaruh e-marketing mix terhadap keputusan pembelian secara signifikan (tstatistic

= 3,606; p-value = 0,000), sementara brand image tidak mendukung
mediasi lifestyle terhadap keputusan pembelian (t-statistic = 1,334; p-value =
0,182).
Kesimpulan dari penelitian ini menekankan pentingnya e-marketing mix
dan brand image dalam mempengaruhi keputusan pembelian. E-marketing mix
yang efektif dapat memperkuat brand image dan pada gilirannya mempengaruhi
keputusan pembelian konsumen secara positif. Sebaliknya, lifestyle tidak
berkontribusi signifikan terhadap keputusan pembelian atau brand image dalam
konteks penelitian ini. Oleh karena itu, perusahaan harus fokus pada pengembangan
strategi e-marketing mix dan penguatan brand image untuk meningkatkan
keputusan pembelian pelanggan.
Kata Kunci: Brand Image, Keputusan Pembelian, Lifestyle, E-Marketing Mix.

Dosen Pembimbing: Widodo, Widodo | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Manajemen
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 22 Jan 2025 03:32
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/37074

Actions (login required)

View Item View Item