Sudiro, Jatyo Triatmojo Adi (2024) IMPLEMENTASI ASESMEN DIAGNOSTIK PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SDN GAYAMSARI 02 SEMARANG. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300075_fullpdf.pdf |
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300075_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Asesmen dalam kurikulum merdeka jika dipandang dari segi keilmuan yang
diuji, terbagi menjadi asesmen kognitif dan non kognitif. Jika dipandang dari
tujuan maka terbagi menjadi asesmen diagnostik, formatif dan sumatif. Dalam
penelitian ini peneliti mengumpulkan dan menganalisis referensi literatur tentang
asesmen diagnostik. Asesmen diagnostik merupakan penilaian/asesmen
kurikulum merdeka yang dilakukan secara spesifik. Dengan tujuan untuk
mengidentifikasi atau mengetahui karakteristik, kondisi kompetensi, kekuatan,
kelemahan model belajar peserta didik. Sehingga pembelajaran dapat dirancang
sesuai dengan kompetensi dan kondisi peserta didik yang beragam.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Gayamsari 02 Kota Semarang, Jawa
Tengah Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Pengumpulan
data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data
wawancara diperoleh dengan mewawancarai pimpinan dan guru-guru senior.
Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data penyajian data dan
penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan
metode triangulasi, ketelitian pengamatan dan perpanjangan keikutsertaan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan implementasi asesmen
diagnostik baik kognitif dan non kognitif perlu persiapan yang matang dari
pengajar atau pendidik untuk menguasai instrumen asesmen diagnostik suatu
materi yang diajarkan dalam capaian pembelajaran kurikulum merdeka serta
untuk meningkatkan hasil belajar siswa perlu pendampingan atau pengajaran dari
orangtua siswa dan guru dalam kontinuetas belajar dari fase A ke fase B dan C
seterusnya secara berkesinambungan supaya hasil belajar siswa dalam pendidikan
agama Islam dapat maksimal.
Kata kunci: implementasi, asesmen diagnostik, pendidikan agama islam dan hasil
belajar.
Dosen Pembimbing: | Sudarto, Sudarto and Mujib, Ahmad | UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 20 Jan 2025 04:41 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36934 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |