Hastuti, Hastin Dwi (2024) PERAN GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENANGANI PERILAKU BULLYING DI MAN 2 BOYOLALI. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300061_fullpdf.pdf |
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300061_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Kata Kunci: Peran Guru Akidah Akhlak, Menangani Perilaku, Bulliying
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) karakter merupakan sifat-
sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dengan yang
lain. Salah satu faktor yang mengakibatkan rusaknya moral generasi muda
sekarang ialah kurangnya atau bahkan hilangnya pendidikan moral atau karaktek.
Kemudian tugas dan kewajiban mendidik moral anak diserahkan kepada lembaga
pendidikan formal yang mana hal ini adalah sekolah. Madrasah tidak hanya
menjadi tempat yang sesuai untuk mengembangkan potensi anak. sekolah juga
dapat menjadi tempat timbulnya stressor-stressor yang dapat mengganggu
perkembangan diri anak. Salah satu stressor yang dapat mengganggu
perkembangan anak adalah adanya perilaku bulliying di sekolah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Analisis Guru Akidah
Akhlak dalam mencegah prilaku Bullying pada Siswa Kelas X di MAN 2 Boyolali.
(2) Apa saja yang menjadi bahan Evaluasi dalam mencegah prilaku Bullying pada
Siswa Kelas X di MAN 2 Boyolali. (3) Apa saja yang dilakukan oleh Guru Akidah
Akhlak dalam menyelesaikan problem Bullying pada Siswa Kelas X di MAN 2
Boyolali.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan
kualitatif. Untuk mengumpulkan data sebanyak-banyaknya, peneliti akan terjun
langsung dan membaur dengan subjek penelitian. teknik pengumpulan data
dilakukan dengan observasi (pengamatan), interview (wawancara) dan
dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Permasalahan utama yang
dihadapi oleh guru Akidah Akhlak adalah kurangnya pengetahuan terkait jenis
terbaru bullying yaitu cyberbullying serta kurang terbukanya siswa dalam
melaporkan tindakan bullying. (2) Strategi guru Akidah Akhlak dalam mencegah
perilaku bullying dilakukan dengan meningkatkan efektivitas pembelajaran Akidah
Akhlak melalui evaluasi materi pembelajaran dan penyampaian materi yang baik
serta memberi contoh nyata dan teladan terkait akhlakul karimah. (3) Cara guru
Akidah Akhlak menyelesaikan permasalahan bullying adalah dengan membentuk
komitmen kuat, aturan yang ketat, dan sanksi yang jelas bagi para pelaku sembari
melakukan teguran saat terjadi kasus bullying sederhana. Pengawasan terhadap
siswa di lingkungan sekolah maupun dalam kegiatan belajar mengajar juga
dilakukan sebagai bentuk usaha mencegah kasus bullying.
Dosen Pembimbing: | Warsiyah, Warsiyah and Irfan, Agus | UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 20 Jan 2025 04:26 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36917 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |