Ulum, Arizka Mifta Bahril (2024) KONSEP DAN PERAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU MENURUT KITAB ADAB AL-ĂLIM WA AL-MUTA’ALLIM KARYA SYAIKH HASYIM ASY'ARI. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.

[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502300033_fullpdf.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300033_fullpdf.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502300033_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300033_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (57kB)

Abstract

Tesis ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Konsep kompetensi kepribadian
guru menurut kitab Adab Al-Ălim Wa Al-Muta’allim karya Syaikh Hasyim
Asy'ari. (2) Peran guru menurut kitab Adab Al-Ălim Wa Al-Muta’allim karya
Syaikh Hasyim Asy'ari. (3) Upaya pengembangan kompetensi kepribadian guru
menurut kitab Adab Al-Ălim Wa Al-Muta’allim karya Syaikh Hasyim Asy'ari.
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kulitatif studi kepustakaan
(library research) dan data atau informasi dengan sumber utama yaitu Kitab Adab
Al-Ălim Wa Al-Muta’allim Karya Syaikh Hasyim Asy'ari. Kemudian metode
analisis data analisis wacana, analsis retorika, analisis isi, dan analisis percakapan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Konsep kompetensi
kepribadian guru menurut kitab Adab Al-Ălim Wa Al-Muta’allim Karya Syaikh
Hasyim Asy'ari antara lain guru selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT
walaupun ramai atau sepi, selalu takut kepada Allah SWT dalam segala
pergerakan, ucapannya, dan perbuatannya, selalu bersikap menghindari barang
haram dan syubhat, rendah hati, khusyu’ kepada Allah, berpegangan kepada
Allah, tidak menjadikan ilmunya sebagai tangga keduniaan, baik pangkat, jabatan,
dan harta untuk mencari popularitas, atau bahkan untuk menyaingi temantemannya,

mempergauli masyarakat dengan akhlak mulia, dan menyucikan lahir
batin dari akhlak-akhlak yang rendah, meramaikan batiniyahnya dengan akhlak
yang diridloi oleh Allah, serta selalu berambisi dalam menambahi ilmu dan amal
dengan tekun dan rajin dalam menggali ilmu. (2) Peran guru dalam pembelajaran
yang tertulis dalam Kitab Adabul Alim Wal Mutaallim yaitu guru sebagai
pengarah pembelajaran dan menjaga hadats, karena sebaiknya guru bersuci
terlebih dahulu dari hadats dan najis, juga hendaknya berniat mengagungkan ilmu.
Selain itu guru berperan sebagai pembuat suasana nyaman dalam pembelajaran,
bersikap ramah dengan mayoritas hadirin, memuliakannya dengan komunikasi
yang baik. Peran lainnya guru sebagai pengatur materi dengan mengutamakan
ilmu yang paling penting dan kemudian pelajaran yang agak penting. Juga guru
mengasihi orang yang hadir dalam pembelajaran, dan menyenangkannya para
hadirin, serta guru mengulanginya kembali maksud dari pembahasan bagi siswa
yang kurang atau terlambat dalam pembelajaran. (3) Upaya pengembangan
kompetensi kepribadian guru menurut kitab Adab Al-Ălim Wa Al-Muta’allim
Karya Syaikh Hasyim Asy'ari antara lain hendaknya guru mencegah mengajar
siswa karena tiada keikhlasan, guru cinta terhadap siswanya, memperbaiki
pendidikan siswanya, memperbaiki ahlaknya, memperbaiki tingkah lakunya,
bersifat toleran terhadap siswa dengan mempermudah dalam menyampaikannya,
dan memperbaiki ucapannya untuk memperbaiki akhlaqnya, bersyukur dan
menguji kepada siswanya agar membangkitkan semangat mereka, tidak
mengistimewakan salah satu siswa, mengasihi para siswanya, rendah diri atau
tawadu’ terhadap siswanya, dan seringkali berkomunikasi siswanya.

Kata Kunci:. Kompetensi Guru, Adab Al-Ălim Wa Al-Muta’allim.

Dosen Pembimbing: Muhtar, Asmaji and Mujib, Ahmad | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 18 Dec 2024 01:30
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36756

Actions (login required)

View Item View Item