Affiani, Nur Qhori (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN INSTRUCTION SHOULD BE STUDENT-CENTERED OLEH GURU PAI DI MA SABRUN JAMIL GORONTALO. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.

[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502200047_fullpdf.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502200047_fullpdf.pdf

| Download (6MB)
[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502200047_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502200047_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (66kB)

Abstract

Di era perkembangan kurikulum pembelajaran menjadikan dampak yang sangat
signifikan di dalam proses pembelajaran. Penerapan model pembelajaran didalam
sekolah sudah sangat luas diterapkan di berbagai kurikulum pembelajaran di sekolah,
tetapi tidak banyak yang menerapkan dari segi model pendekatan pembelajarannya,
karena itu penulis mengimplementasikan sebuah model pembelajaran yang mana
dapat membantu proses perkembangan siswa didalam kelas maupun diluar kelas
dengan kompetensi yang memadai. penelitian pembelajaran ini lebih kepada model
pendekatan guru yang di kolaborasikan oleh siswa agar tercapainnya proses
pembelajaran yang lebih baik dan efektif, yang mana dapat membantu siswa untuk
lebih aktif didalam proses pembelajaran. penelitian ini di terapkan untuk membantu
mengembangkan profesionalitas dan proses pembelajaran guru pendidikan agama
islam dalam proses belajar mengajar yang lebih baik. Penelitian ini menggunakan
metode kualitatif yaitu dengan Pengumpulan data, wawancara, observasi dan
dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru pendidikan agama islam
dapat menerapkan pembelajaran menggunakan pendekatan insrution should be
student centered yang berharap supaya proses pembelajaran bisa lebih efektif dan
efisien serta mengharapkan siswa tebiasa bekerjasama, terbiasa berfikir kritis dalam
menyelesaikan masalah dan konflik dalam ranah pembelajaran, serta berfikir kreatif
dan inovatif . Implikasi hasil penelitian ini adalah kemampuan guru Pendidikan
agama islam dan keaktifan siswa serta tepenuhinya sarana dan prasana dalam
pembelajaran menjadikan berhasilnya penerapan pembelajaran melalui pendekatan
instruction should be student- centered di MA Sabrun Jamil Kota
Gorontalo.Tantangan dalam pendekatan pembelajaran ini menuntut kemampuan
pedagogis seorang pendidik yaitu guru sebagai pengajar untuk lebih mampu
mendesain pembelajaran secara kreatif dan dapat menjadi fasilitator yang mampu
mendesain kreatifitas didalam maupun diluar kelas menggunakan model
pembelajaran yang mampu membantu proses perkembangan belajar pada siswa,
sehingga siswa akan menjadi lebih semangat dan aktif dalam proses pembelajaran.
Implementasi pembelajaran ini menggunakan pendekatan instruction should be
student centered yang dapat menjadikan landasan informasi dan landasan pokok
dalam perkembangan pembelajaran yang mana guru dituntut tidak hanya mampu
mengajar dan mengelola kegiatan di dalam kelas, namun juga dituntut untuk mampu
membangun hubungan yang efektif dengan siswa dan komunitas sekolah, dengan
menggunakan pendekatan yang dapat memadahi proses pembelajaran untuk
mendukung mutu pengajaran, serta melakukan refleksi dan perbaikan praktek
pembelajarannya secara terus menerus. Untuk itu peran guru Pendidikan agama
islam adalah untuk memberikan pendidikan yang berkualitas melalui pendekatan
Instruction Should be Student-Centered kepada siswa. apalagi di zaman sekarang siswa
di tuntut untuk bisa memiliki keterampilan yang dibutuhkan agar dapat
memanfaatkan kreatifitas dan keaktifan dalam berfikir lebih kritis dan
bertanggjawab.

Kata kunci: Implementasi, pembelajaran, Instruction Should be Student-Centered, guru
pendidikan agama islam.

Dosen Pembimbing: Susiyanti, Susiyanti and Mujib, Ahmad | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana
Fakultas Agama Islam > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 13 Dec 2024 07:11
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36722

Actions (login required)

View Item View Item