Daroini, Nayla An’umi (2024) PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN BIAYA PENDIDIKAN TERHADAP MINAT MEREFERENSIKAN DENGAN KEPUASAN MAHASISWA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Manajemen_30402000263_fullpdf.pdf] Text
Manajemen_30402000263_fullpdf.pdf

| Download (944kB)
[thumbnail of Manajemen_30402000263_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Manajemen_30402000263_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (110kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetauhi pengaruh kualitas layanan dan
biaya pendidikan terhadap minat mereferensikan dengan kepuasan pelanggan
sebagai variabel intervening. Manfaat dari penelitian ini secara teoritis yaitu
memberikan pemahaman tentang faktor-faktor yang mempengaruhi minat
mereferensikan serta dampaknya terhadap kampus. Sedangkan manfaat praktisnya
yaitu mengembangkan strategi penerimaan mahasiswa baru, meningkatkan
kualitas layanan meningkatkan, merespon kebutuhan mahasiswa, menciptakan
lingkunagan yang positif apabila mahasiswa puas dapat mereferensikan
kampusnya, sehingga penelitian ini dapat dijadikan dasar sebagai penelitian
selanjutnya. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan responden sebanyak 100 orang
melalui questioner. Teknik pengumpulan datanya yaitu non probability sampling
dengan metode accidental sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah
analisis linier berganda dengan menggunakan IBM SPSS Versi 26. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan, biaya pendidikan terhadap
kepuasan mahasiswa, serta kualitas layanan, biaya pendidikan, dan kepuasan
mahasiswa terhadap minat mereferensikan berpengaruh positif dan signifikan.
Kepuasan mahasiswa mampu menjadi mediasi antara kualitas layanan dan biaya
pendidikan terhadap minat mereferensikan. Pada uji analisis jalur kepuasan
mahasiswa tidak mampu memberikan pengaruh tidak langsung antara kualitas
layanan terhadap minat mereferensikan. Akan tetapi pada uji jalur kepuasan
mahasiswa antara biaya pendidikan terhadap minat mereferensikan mampu
memberikan pengaruh tidak langsung.

Kata kunci : Kualitas Layanan, Biaya Pendidikan, Kepuasan Mahasiswa,
dan Minat Mereferensikan

Dosen Pembimbing: Widiyanto, Widiyanto | nidn0627056201
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Mahasiswa FEB - Skripsi Manajemen
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 26 Jul 2024 06:34
Last Modified: 26 Jul 2024 06:34
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34875

Actions (login required)

View Item View Item