Arsya, Ahmad (2023) KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH DALAM MELAKUKAN SUPERVISI AKADEMIK GUNA MENINGKATKAN KINERJA GURU PAI DI KECAMATAN SEMARANG UTARA (Studi Kasus SD Negeri Kuningan 01 dan SD Negeri Purwosari 01). Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502100002_fullpdf.pdf |
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502100002_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Guru merupakan seorang pengajar atau pendidik yang memiliki keahlian dan
wawasan dalam suatu bidang tertentu, serta bertanggung jawab dalam menyampaikan
materi pembelajaran kepada murid atau siswa. Seorang guru bertindak sebagai
fasilitator untuk pembelajaran dengan menyusun dan merancang rencana pembelajaran
untuk menjadikan lingkungan pembelajaran yang kondusif dengan menggunakan
berbagai metode pengajaran, teknik, dan strategi yang sesuai dengan kebutuhan siswa
untuk mencapai potensi maksimal mereka. Peran seorang guru sangat penting dalam
konteks pendidikan.
Jenis dan Pendekatan Penelitian Jenis penelitian yang digunakan adalah
penelitian hasil lapangan (field research). Dalam penelitian ini, selanjutnya akan
didiskripsikan secara sistematis tentang Kompetensi Kepala Sekolah dalam Melakukan
Sepervisi Akademik guna Meningkatkan Kinerja Guru PAI di Kecamatan Semarang
Utara. (Studi Kasus SD Negeri Kuningan 01 dan SD Negeri Purwosari 01).
Kompetensi kepala sekolah adalah kualifikasi kemampuan yang harus dimiliki
oleh seorang kepala sekolah dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai
pemimpin di lembaga pendidikan. Kompetensi kepala sekolah mencakup beberapa
aspek yaitu: Kompetensi Kepribadian, Manajerial, Kewirausahaan, Supervisi dan
Sosial. Adapun Kompetensi yang dimaksud adalah Kompetensi Supervisi akademik.
Supervisi merupakan kegiatan membantu guru meningkatkan kemampuan mengelola
pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dalam penelitian ini peneliti
melihat 5 (lima) hal yang menjadi pokok implementasi dalam supervisi yang dilakukan
oleh kepala sekolah yaitu:1). Perencanaan. 2). Pelaksanaan. 3). Tindak Lanjut. 4).
Kesulitan yang dihadapi oleh Kepala 5). Upaya yang dilakukan kepala sekolah kinerja
guru PAI dapat dinilai dari beberapa aspek, seperti kompetensi pedagogik, profesional,
sosial, dan kepribadian. Kinerja guru PAI SD N Kuningan 01 dan SD N Purwosari 01
dilihat dari hasil supervisi yang dilakukan SD N Kuningan 01 semarang utara sejauh
ini lebih maksimal. SD N Purwosari 01 cenderung belum begitu maksimal dilihat dari
bagaimana penerapan supervisi akademik yang belum sesuai dengan perencanaan dan
tujuan dari diadakanya supervisi akademik. Kinerja guru PAI kedua sekolah tersebut
secara keseluruhan kinerja guru PAI sudah berjalan dan terlaksana dengan baik serta
maksimal meskipun perlu adanya pengawasan serta pelaksanaan supervisi yang
dilakukan oleh kepala sekolah guna mengontrol kinerja PAI.
Kata Kunci: Kompetensi kepala sekolah, supervisi akademik, kinerja guru PAI
Dosen Pembimbing: | Warsiyah, Warsiyah and Susiyanto, Susiyanto | UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Pascasarjana Fakultas Agama Islam > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 11 Oct 2023 06:06 |
Last Modified: | 11 Oct 2023 06:06 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31473 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |