Pranaditya, Ari (2023) HASANAH CONGRUITY VALUABLE SEBAGAI KEUNGGULAN POSISIONAL DAN SUMBER PENINGKATAN MARKETING PERFORMANCE. Doctoral thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.
![]() |
Text
Doktor Ilmu Manajemen_10402000002_fullpdf.pdf |
![]() |
Text
Doktor Ilmu Manajemen_10402000002_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan kontribusi atas adanya
kesenjangan hasil penelitian marketing culture dengan marketing performance.
Budaya yang kuat adalah sumber dominan yang sangat penting untuk
menciptakan keunggulan kompetitif yang meningkatkan performance namun
demikian hubungan marketing culture atas performance dapat berbeda tergantung
pada konteks penelitian, ukuran performance yang digunakan, bahkan
menghasilkan hubungan yang negatif. Fokus penelitian ini perguruan tinggi
swasta Islam berdasarkan fenomena pertumbuhan jumlah mahasiswa pada
perguruan tinggi swasta dengan akreditasi A dan B di Jawa Tengah TA
2021/2022, perguruan tinggi swasta Islam tertinggal dari perguruan tinggi swasta
umum yang tumbuh hampir dua kali lipat dari perguruan tinggi swasta Islam.
Konsep baru Hasanah Congruity Valuable (HCV) ditawarkan sebagai solusi
dalam menyelesaikan kesenjangan marketing culture dengan marketing
performance.
Hasanah Congruity Valuable merupakan sintesa Conguity Theory,
Resource-Based Theory dan nilai Islam Hasanah adalah keselarasan nilai relatif
yang dimiliki oleh program studi baik dalam bentuk ziadatul iman congruity
valuable yaitu lingkungan yang menguatkan nilai-nilai keimanan dan hubbul ilmi
congruity valuable yaitu penguatan kecintaan terhadap ilmu agama sebagai
keunikan yang ditawarkan kepada konsumen potensial. 175 kuesioner didapatkan
dari ketua prodi, sekretaris prodi dan civitas yang bertanggung jawab terhadap
pemasaran program studi di 6 perguruan tinggi swasta Islam di Jawa Tengah
dengan akreditasi institusi A (Unggul) atau B (Baik Sekali) yang telah berdiri
lebih dari 10 tahun. Pengumpulan data yang dilakukan dengan metode
pengambilan sampel dengan teknik purposive non-random sampling.
Konsep baru HCV dibentuk melalui uji pakar dengan pakar manajemen
dari Universitas Islam Sultan Agung, Universitas Islam Negeri Walisongo
Semarang, Pesantren Islam Al Irsyad Tengaran dan Mahad Multaqo bil Quran
dalam bentuk FGD, Kolokium dan forum diskusi intens dan juga telah lolos uji
validitas, reliabilitas dan analisis konfirmatori. Pengujian model dan hipotesis
dilakukan dengan menggunakan analisis model persamaan struktural (SEM)
dengan software AMOS.
Hasil menunjukkan bahwa HCV terbukti secara empirik mampu
meningkatkan market performance. Artinya, keselarasan nilai relatif yang dimiliki
oleh program studi baik dalam bentuk ziadatul iman congruity valuable keimanan
dan hubbul ilmi congruity valuable mampu meningkatkan market performance,
salah satu variabel dari marketing performance. Studi ini juga membuktikan peran
penting internal communication culture dan innovativeness culture sebagai
variabel antesenden dalam meningkatkan HCV.
Kata kunci: higher education, marketing culture, service quality culture,
internal communication culture, innovativeness culture, value congruity, hasanah
congruity valuable, ziadatul iman congruity valuable, hubbul ilmi congruity
valuable, marketing performance, market performance.
Dosen Pembimbing: | Hendar, Hendar and Sudarti, Ken | nidn0602016301, nidn0608036701 |
---|---|
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Disertasi Program Doktor Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Mahasiswa Pascasarjana - Disertasi Program Doktor Ilmu Manajemen |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 10 Oct 2023 04:25 |
Last Modified: | 10 Oct 2023 04:25 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31301 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |