Handayani, Liviana (2021) PENINGKATAN KINERJA PEMASARAN MELALUI E-CRM, ORIENTASI PASAR DAN KEUNGGULAN BERSAING (Studi pada UMKM Fashion Retail di Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of 30401700119_fullpdf.pdf] Text
30401700119_fullpdf.pdf

| Download (2MB)
[thumbnail of publikasi.pdf] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (274kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh E-CRM dan orientasi pasar terhdap kinerja pemasaran melalui keunggulan bersaing. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pimpinan UMKM ritel fashion di Semarang. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan teknik purposive sampling dengan menggunakan metode analisis deskriptif dan uji sobel. Dari 100 responden yang dijadikan sampel menunjukan bahwa a). e-crm memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing. b) orientasi pasar memiliki pengaruh positif dan signifikan keunggulan bersaing. c). keunggulan bersaing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. d). e-crm memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. e). orientasi pasar memiliki pengaruh yang positif namu tidak signifikan terhadap kinerja pemasaran.
Kata Kunci : E-CRM, Orientasi Pasar, Keunggulan Bersaing, Kinerja Pemasaran

Dosen Pembimbing: Mulyana, Mulyana | nidn210490020
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Mahasiswa FEB - Skripsi Manajemen
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 19 Jul 2022 03:01
Last Modified: 19 Jul 2022 03:01
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24756

Actions (login required)

View Item View Item