Wiharyoko, Bayu (2003) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGAMBILAN KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN JASA TRANSPORTASI KERETA API KA. KALIGUNG EXPRES PT. KERETA API INDONESIA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
04975937_fulltext.pdf |
Abstract
Dalam industri jasa, kebutuhan akan transportasi memiliki arti
yang sangat
penting. Untuk dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya, perusahaan akan
bersaing baik dalam harga, pelayanan dan faktor-faktor lain yang menimbulkan
kepuasan bagi konsumen. Dalam penelitian ini faktor-faktor yang dianggap
mempengaruhi pengambilan keputusan konsumen dalam menggunakan jasa
transportasi KA. Kaligung Express PT KAI di Tegal adalah pendapatan, harga atau
tarif
dan pelayanan
Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah
1) Bagaimana pengaruh
pendapatan terhadap pengambilan keputusan konsumen untuk menggunakan jasa
transportasi KA. Kaligung pada PT. Kereta Api Indonesia. 2) Bagaimana pengaruh
harga atau tarif terhadap pengambilan keputusan konsumen untuk menggunakan
jasa transportasi KA Kaligung pada PT, Kereta Api Indonesia. 3) Bagaimana
pengaruh pelayanan terhadap pengambilan keputusan konsumen untuk menggunakan
Jasa transportasi KA. Kaligung pada PT, Kereta Api Indonesia. 4) Faktor apakah
yang paling dominan dalam mempengaruhi pengambilan keputusan konsumen untuk
menggunakan jasa transportasi KA. Kaligung pada PT Kereta Api Indonesia
Masalah dalam penelitian ini dibatasi sebagai berikut
I) Pendapatan
konsumen, mcrupakan besarnya pendapatan yang diterima oleh responden atas
pekerjaan yang disandangnya. 2) Harga tiket atau besarnya tarif, merupakan
besarnya biaya yang dibcbankan oleh
T
Kereta Api Indonesia kepada konsumen
yang menumpang KA. Kaligung Express. 3) Pelayanan, merupakan segala atribut
yang terdapat pada KA. Kaligung baik fisik maupun non fisik schingga memberikan
kepuasan bagi penumpang selama dalam perjalanan. 4) Pengambilan keputusan
konsumen, merupakan keputusan yang diambil oleh konsumen untuk selalu
menggunakan angkutan kereta api KA. Kaligung Express pada PT, Kereta Api
Indonesia
Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini adalah I). Untuk mengetahui
seberapa besar pengaruh pendapatan terhadap pengambilan keputusan konsumen
untuk mcnggunakan jasa transportasi KA. Kaligung pada PT Kereta Api Indonesia
2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh harga atau tarif terhadap pengambilan
keputusan konsumen untuk menggunakan jasa transportasi KA. Kaligung pada PT
Kereta Api Indonesia. 3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pelayanan
terhadap pengambilan keputusan konsumen untuk menggunakan jasa transportasi
KA. Kaligung pada PT Kereta Api Indonesia. 4) Untuk mengetahui faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi pengambilan keputusan konsumen untuk
menggunakan jasa transportasi
KA.
Kaligung pada PT. Kereta Api Indonesia
Populasi yang digunakan dalam penchitian ini adalah seluruh penumpang
yang naik kereta api KA. Kaligung Express untuk jurusan Semarang Tegal maupun
Tegal Semarang Sedangkan sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah
cbagan
dant penumpang yang nark kereta api KA. Kaligung Express pada hart
Minggu, minggu ketiga bulan Februari tahun 2003 baik penumpang jurusan
Semarang Tegal maupun Tegal Semarang sebanyak 96 respondent Teknik
accydental sampling,
yaitu pengambilan sampel yang kcbetulan bisa ditemu
penumpang pada
Minggu, minggu etiga bulan Februari pada tahun 2003 yang
secara kebetulan menjadi penumpang KA. Kaligung Express jurusan Semarang
Tegal maupun Tegal Semarang
Adapun alat analisis yang digunakan dalam penehitian ini adalah uji Chi
Square dengan hasil sebagar berikut
hart
Pendapatan (X)
a Terdapat pengaruh yang signifikan antara pendapatan rata-rata perbulan
terhadap pengambilan keputusan konsumen, dengan hasil analisis C
hi Square
scbesar 40,552 dengan signifikansi sebesar 0,000 dan nilai r 0,7I4 sehingga
mempunyai hubungan yang kuat
b Terdapat pengaruh yang signifikan antara pengaruh yang signifikan antara
pendapatan yang disisihkan terhadap pengambilan keputusan konsumen,
dengan hasil analisis
Square sebesar 34,924 dengan signifikansi sebesar
0,000 dan nilair 0,730 sehingga mempunyai hubungan yang kuat
Chu
c.
Terdapat pengaruh yang signifikan antara frekuensi penggunaan KA
Kaligung terhadap pengambilan keputusan konsumen, dengan hasil analisis
Chi Square sebesar 1H,746 dengan signifikansi sebesar 0,000 dan nilai r
0,467 sehingga mempunyai hubungan yang cukup kuat
2 Marga (8
a. TVerdapat pengaruh yang signifikan antara pengaruh yang signifikan antara
biaya / tarif yang dibcbankan terhadap pengambilan keputusan konsumen,
dengan hasil analisis (hr Square sebesar 52,622 dengan signifikansi sebesar
0,00 dean midair
sehingga mempunyai hubungan yang sangat kuat
b Terdapat pengaruh yang signifikan antara potongan tarif terhadap
pngambilan keputusan konsumen, dengan hasil analisis (ht Square sebesar
55,669 dengan signifikansi sebesar 0,000 dan nilai r
0,841
0,857 sehingga
mempunyar hubungan yang sangat kuat
=
e. Terdapat pengaruh yang signifikan antara kesesuaian harga dengan fasilitas
kereta KA. Kaligung terhadap pengambilan keputusan konsumen, dengan
hasil analisis
Chu
Square sebesar 51,169 dengan signifikansi sebesar 0,000
dan mlair 0,834 sehingga mempunyai hubungan yang sangat kuat
3.
Pelayanan (X%)
a.
Terdapat pengaruh yang signifikan antara pelayanan saat pembelian tiket
terhadap pengambilan keputusan konsumen, dengan hasil analisis Chi
Square
=
sebesar 9,863 dengan signifikansi sebesar 0,000 dan nilair
0,440 sehingga
mempunyai hubungan yang cukup kuat
b.
Terdapat pengaruh yang signifikan antara keramahan petugas terhadap
pengambilan keputusan konsumen, dengan hasil analisis Chu
Square sebesar
12,400 dengan signifikansi sebesar 0,000
dan
=
milai r
0,470 sehingga
mempunyai hubungan yang cukup kuat
c.
Terdapat pengaruh yang signifikan antara ruang duduk penumpang terhadap
pengambilan keputusan konsumen, dengan hasil analisis Chi Square sebesar
17,008 dengan signifikansi sebesar 0,000 milair
0,549 sehingga mempunyai
hubungan yang cukup kuat
Dosen Pembimbing: | Wuryanti, Wuryanti | UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Mahasiswa FEB - Skripsi Manajemen |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 13 Jul 2022 06:05 |
Last Modified: | 13 Jul 2022 06:05 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24467 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |