Issroviatiningrum, Retno (2017) Pengaruh Practice Based Simulation Model terhadap Critical Thinking dan Self Confidence di Nursing Skill Laboratory FIK Unissula Semarang. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Artikel Publikasi] Text (Artikel Publikasi)
20. Pengaruh Practice Based Simulation Model terhadap Critical Thinking dan Self Confidence di Nursing Skill Laboratory FIK Unissula Semarang.pdf
Restricted to Repository staff only

| Download (742kB)

Abstract

Abstrak
Pendahuluan: Laboratorium keterampilan klinis dasar perlu dikembangkan di setiap institusi pendidikan kesehatan
menggunakan pendekatan problem based learning dalam proses pembelajaran kurikulum berbasis kompetensi.
Dengan metode simulasi di laboratorium dapat mendorong mahasiswa untuk menggunakan critical thinking dalam
mengambil keputusan dalam mengatasi masalah tanpa merugikan pasien yang sebenarnya, dan bisa lebih
meningkatkan self confidence mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh practice based
simulation model terhadap self confidence pada mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode Quasy – Experiment
dengan pendekatan pretest-posttest with control group design. Pengambilan sampel dengan teknik simple random
sampling dengan jumlah 21 responden baik kelompok intervensi maupun kontrol. Analisis data menggunakan uji
Paired T-Test dan Independent Samples T-Test. Hasil penelitian selisih peningkatan self confidence pada kelompok
intervensi sebanyak 9.33 poin dan kelompok kontrol sebanyak 1.67 poin. Practice based simulation model
berpengaruh terhadap self confidence dengan nilai p=0.00<0.05. Dsikusi: practice based simulation model
mempengaruhi self confidence pada mahasiswa semester VI FIK Unissula Semarang.
Keywords: Practice based simulation model, self confidence

Dosen Pembimbing: UNSPECIFIED | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan > Dosen FIK - Laporan Penelitian
Depositing User: Referensi Ref Perpustakaan
Date Deposited: 11 Jul 2022 01:33
Last Modified: 12 Jul 2022 07:56
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24193

Actions (login required)

View Item View Item