Kusuma Retnaningtyas, Dyah (2005) STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS BMT DI KABUPATEN GR0BOGAN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
| 
              
Text
 042017545_fulltext.pdf  | 
          
Abstract
BMT merupakan Lembaga Keuangan Syariah dan Koperasi Simpan Pinjam
Syariah, BMT (Baitul Maal Wattanwil) terdiri dari dua istilah yaitu Baitul maal dan 
kegiatan yang mengarah sebagai usaha-usaha
pengumpulan dan penyaluran dana yang bersifat non-profit, seperti zakat, infaq dan 
Baitut tanwil. Baitul maal adalah 
suatu 
shodaqoh. 
Sedangkan baitut tanwil sebagai usaha pengumpulan dan penyaluran dana 
komersial. 
Pada umumnya sistem kerja BMT adalah sebagai pra koperasi dimana aspek
simpan pinjam dan pembukuannya mengikuti tcknik-teknik koperasi tetapi koperasi
yang berlandaskan sistem syariah. Dalam pengembangan bisnisnya MT
memerlukan stratcgi yang tepat. Maka untuk mengetahui strategi yang tepat
digunakan oleh BMT dapat dianalisis dengan analisis SWOT (Strong, Weakness,
Opportunity and Threath). Pada 
analisis 
SWOT terdiri dari dua bagian yaitu faktor 
kelemahan, sedangkan faktor cksternal terdiri
dari peluang dan ancaman
Pada faktor internal dan cksternal dicari rating dan bobot yang dikalikan 
internal yang terdiri dari kekuatan 
dan 
akan menjadi total nilai pada faktor strategi internal dan eksternal yang ada dapat
diketahui posisi BMI, strategi yang digunakan oleh BMT dan strategi yang baik /
scsuai digunakan oleh BMT dalam mengembangkan bisnis serta usahanya
| Dosen Pembimbing: | Santoso, Bejo | UNSPECIFIED | 
|---|---|
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) | 
| Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory | 
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Mahasiswa FEB - Skripsi Manajemen  | 
        
| Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA | 
| Date Deposited: | 11 Jul 2022 02:20 | 
| Last Modified: | 11 Jul 2022 02:20 | 
| URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24177 | 
Actions (login required)
![]()  | 
        View Item | 
