Simbolon, Dima Roulina (2021) KEKUATAN HUBUNGAN ANTAR STAKEHOLDER DALAM PENYERAPAN PENGETAHUAN UKM DI ERA COVID-19: MIXED METHODS PERSPECTIVE. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
COVER.pdf |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf |
![]() |
Text
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf |
![]() |
Text
BAB I.pdf |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf |
![]() |
Text
Magister Manajemen_20401900033_fullpdf.pdf |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis anteseden faktor kinerja UKM dari sudut pandang pengetahuan serta mengeksplorasi kontribusi stakeholder utama dan perannya dalam peningkatan kinerja UKM fashion di Jawa Tengah dan mengeksplorasi bagaimana UKM fashion memaknai pengetahuan dan bagaimana daya serap pengetahuan dilakukan. Di era pandemi COVID-19 saat ini kegiatan bisnis semua beralih ke arah online. Perubahan tersebut membawa dampak serius kepada pelaku UKM. Penelitian ini membantu para pelaku UKM dalam meningkatkan kinerja organisasinya di era pandemi COVID-19 dengan memanfaatkan pengetahuan sebagai asset utama penggerak inovasi. Para pelaku ukm dapat memperoleh pengetahuan melalui hubungan antar stakeholder dan kemampuan daya serap pengetahuan yang dapat meningkatkan kinerja UKM di era pandemi COVID-19. Kekuatan hubungan antar stakeholder memberikan dampak yang positif terhadap sumbangan knowledge. Pengetahuan yang diterima digunakan sebagai asset utama dalam meningkatkan kinerja inovasi dan kinerja UKM. Hal ini harus dikaitkan dengan peran absorptive capacity sebagai moderasi untuk memperkuat hubungan transfer knowledge terhadap inovasi. Metode yang digunakan adalah mixed methods dengan jenis desain concurent embedded. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 127 (kuesioner) dan 8 (wawancara) pada UKM dibidang fashion di Jawa Tengah khususnya di Kota Semarang, Pekalongan, Rembang, dan Jepara yang sudah beroperasi minimal tiga tahun, menggunakan teknologi digital untuk aktivitas bisnisnya, memiliki omset paling sedikit sepuluh juta, dan memiliki karyawan paling sedikit 5 karyawan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah melalui kuesioner dan wawancara yang kemudian akan dianalisis dengan teknik analisis statistis dan tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekuatan hubungan antar stakeholder memudahkan dalam proses mendonasikan pengetahuan. Donasi pengetahuan berpengaruh pada terciptanya inovasi yang dibantu dengan kemampuan daya serap pengetahuan yang dimiliki oleh UKM. Dengan demikian peran dynamic stakeholder relationship quality dan absorptive capacity dapat meningkatkan kinerja UKM.
Kata kunci: Pandemi COVID-19, dynamic stakeholder relationship quality, altruistic knowledge donating, absorptive capacity, innovation performance, organizational performance
Dosen Pembimbing: | Nurhidayati, - | nidn0630057201 |
---|---|
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Manajemen |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 03 Jun 2022 03:48 |
Last Modified: | 03 Jun 2022 03:48 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/22665 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |