Prakasa, Suprayogi Yoga (2021) ANALISIS BUDAYA KESELAMATAN PASIEN PADA DOKTER GIGI MUDA DI RUMAH SAKIT ISLAM GIGI DAN MULUT SULTAN AGUNG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

| Download (511kB)
[thumbnail of PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf] Text
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (219kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

| Download (543kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

| Download (788kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (691kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (673kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (629kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (401kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

| Download (754kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

| Download (1MB)

Abstract

Upaya peningkatan mutu pelayanan kesehatan bisa dicapai melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia yang terlibat didalamnya. Keselamatan pasien merupakan dasar dari pelayanan kesehatan yang baik dan mencegah terjadinya insiden keselamatan pasien. Keselamatan pasien perlu diterapkan oleh semua komponen tenaga kesehatan. Budaya keselamatan pasien merupakan produk yang dihasilkan dari nilai, sikap, persepsi, kompetensi dan pola tingkah laku individu atau kelompok. Dokter gigi muda di Rumah Sakit Islam Gigi dan Mulut Sultan Agung berjumlah cukup banyak dan belum memiliki laporan terkait budaya keselamatan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis budaya keselamatan pasien serta mengetahui presentase respon positif dimensi keselamatan pasien yang paling rendah dan paling tinggi pada dokter gigi muda di Rumah Sakit Islam Gigi dan Mulut Sultan Agung Semarang.
Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian survey dengan membagikan kuesioner pada 70 dokter gigi muda di Rumah Sakit Islam Gigi dan Mulut Sultan Agung Semarang. Kuesioner yang digunakan telah diuji validitas dan reliabilitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 6 dimensi budaya kesalamatan pasien yang nilai rata-rata respon positif melebihi standar kehandalan yaitu dimensi staf dan kecepatan, dimensi pembelajaran organisasi untuk peningkatan yang berkelanjutan, dimensi supervisor mendukung keselamatan pasien, dimensi komunikasi tentang terjadinya kesalahan, dimensi keterbukaan komunikasi, dimensi manajemen Rumah Sakit mendukung keselamatan pasien dan 4 dimensi budaya kesalamatan pasien yang nilai rata-rata respon positif kurang dari standar kehandalan yaitu dimensi kerjasama tim, dimensi respon ketika terjadi kesalahan, dimensi jumlah laporan kesalahan, dimensi pergantian tugas dan transisi. Nilai rata-rata respon positif budaya keselamatan pasien yang paling tinggi dan paling rendah adalah dimensi staf dan kecepatan kerja dan dimensi jumlah laporan kesalahan.

Kata kunci: budaya keselamatan pasien, dokter gigi muda, Rumah Sakit Islam Gigi dan Mulut Sultan Agung

Dosen Pembimbing: Arbianti, Kusuma and Novianty, Shella Indri | nidn0627098602, UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi
Fakultas Kedokteran Gigi > Mahasiswa FKG - Skripsi Pendidikan Dokter Gigi
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jan 2022 07:02
Last Modified: 07 Jan 2022 07:02
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/20975

Actions (login required)

View Item View Item