Halim, Abdul (2018) Efektivitas Metode Demontrasi Dalam Pembelajaran Fiqih (Studi Kasus di SDIT Sultan Agung 5 Kriyan Jepara dan SD Muhammadiyah Kriyan Jepara). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

| Download (3MB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

| Download (3MB)
[thumbnail of Pernyataan_publikasi.pdf] Text
Pernyataan_publikasi.pdf

| Download (991kB)
[thumbnail of Daftarisi.pdf] Text
Daftarisi.pdf

| Download (3MB)
[thumbnail of BabI.pdf] Text
BabI.pdf

| Download (3MB)
[thumbnail of BabII.pdf] Text
BabII.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (3MB)
[thumbnail of BabIII.pdf] Text
BabIII.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (3MB)
[thumbnail of BabIV.pdf] Text
BabIV.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (3MB)
[thumbnail of BabV.pdf] Text
BabV.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (3MB)
[thumbnail of Daftar_pustaka.pdf] Text
Daftar_pustaka.pdf

| Download (3MB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf

| Download (3MB)

Abstract

Penelitian dilakukan untuk menjawab permasalahan sebagai berikut : 1). Bagaimana implementasi metode domonstrasi pada pembelajaran fiqih yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian di SDIT Sultan Agung 5 Kriyan Jepara dan SD Muhammadiyah Kriyan Jepara. 2). Bagaimana efektifitas dalam penggunaan metode demonstrasi pada matapelajaran fiqih.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kwalitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan cara menggambarkan segala sesuatu yang berkaitan dengan penerapan metode demonstrasi pada pembelajaran Fiqih. Informannya adalah kepala sekolah, guru, wali murid, dan murid. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Langkah–langkah analisis yang dilakukan dalam pengumpulan data yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.Untuk menguji keabsahan data menggunakan trianggulasi.

Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode demonstrasi pada pembelajaran Fiqih di SDIT Sultan Agung 5 Kriyan Jepara dan SD Muhammadiyah Kriyan Jepara baik danefektif karena di susun dalam sebuah perencanaan dan dilaksanakan sesuai pelaksanaan serta menimbulkan efek langsung dalam belajar siswa dalam hal perhatian, aktif, dan tidak ada kendala yang berarti serta mempunyai efektifita stinggi karena program yang di susun dalam penerapan metode demonstrasi berhasil dilaksanakan dengan hasil yang meningkat dan member efek positif bagi peserta didik.

Kata Kunci :Efektifitas, Metode Demonstrasi, dan Pembelajaran Fiqih.

Dosen Pembimbing: Shidiq, Ghofar and Ali, Ali | nidn0611036402, nidn0615075804
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 21 Nov 2019 07:18
Last Modified: 21 Nov 2019 07:18
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/13606

Actions (login required)

View Item View Item