As’ari, Hasim (2018) PENINGKATAN BRAND LOYALTY MELALUI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT, CUSTOMER INVOLVEMENT DAN BRAND TRUST. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi UNISSULA.
Preview |
Text
1 COVER.pdf |
Preview |
Text
2 ABSTRAK.pdf |
Preview |
Text
3 DAFTAR ISI.pdf |
Preview |
Image
PUBLIKASI SKRIPSI.JPG |
Preview |
Text
4 BAB I.pdf |
![]() |
Text
5 BAB II.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
6 BAB III.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
7 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
8 BAB V.pdf Restricted to Registered users only |
Preview |
Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf |
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris dan menganalisis pengaruh Customer Relationship Management dan customer involvement terhadap brand loyalty dengan brand trust sebagai variabel intervening. Populasinya adalah seluruh pelanggan yang sudah pernah menginap di hotel Berbintang 5 (lima) di Kota Semarang, dengan jumlah sampel sebesar 100 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Alat analisisnya adalah path analysis, dimana sebelumnya dilakukan uji validitas dan reliabilitas serta uji asumsi klasik.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa Customer Relationship Management dan customer involvement terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand trust dan brand loyalty. Brand trust juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand loyalty. Brand trust mampu menjadi variabel intervening antara Customer Relationship Management terhadap brand loyalty, artinya semakin tinggi CRM, maka akan menciptakan hubungan yang kuat dengan pelanggan, sehingga akan berdampak pada tingginya kepercayaan pelanggan dalam upaya meningkatkan loyalitas hotel terhadap pelanggan yang menginap. Brand trust mampu menjadi variable intervening antara customer involvement terhadap brand loyalty, memberikan pengertian bahwa semakin tinggi keterlibatan konsumen terhadap hotel tempat menginap, maka hal itu disebabkan karena tingginya kepercayan konsumen sehingga akan berdampak pada loyalitas pelanggan terhadap hotel tesebut.
Kata Kunci : Customer Relationship Management, customer involvement, brand trust dan brand loyalty,
Dosen Pembimbing: | UNSPECIFIED | UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Mahasiswa FEB - Skripsi Manajemen |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 05 Oct 2018 04:54 |
Last Modified: | 05 Oct 2018 04:54 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11163 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |