Hartoyo, Annisa Putri Mahardanni (2017) ANALISIS KINERJA INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT BHAKTI WIRA TAMTAMA DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD PADA PERSPEKTIF PELANGGAN. Undergraduate thesis, Fakultas Kedokteran UNISSULA.

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

| Preview Download (1MB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

| Preview Download (98kB)
[thumbnail of PUBLIKASI.pdf]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

| Preview Download (358kB)
[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

| Preview Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

| Preview Download (518kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

| Preview Download (516kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (647kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (639kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (537kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (510kB)

Abstract

RS Bhakti Wira Tamtama merupakan rumah sakit umum kelas C, dengan pelayanan obat yang dipusatkan di IFRS Bhakti Wira Tamtama. Pelayanan kesehatan yang berkualitas memiliki korelasi dengan kepuasan pasien sebagai pelanggan maka untuk menciptakan pelayanan kesehatan yang baik perlu dilakukan evaluasi kinerja yaitu dengan menggunakan metode Balanced Scorecard yang dapat menganalisis suatu kinerja dengan empat perspektif salah satunya yaitu perspektif pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja IFRS Bhakti Wira Tamtama ditinjau dari pendekatan Balanced Scorecard pada perspektif pelanggan.
Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan jenis penelitian time series tipe cohort. Data yang diperoleh adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Subjek penelitian adalah semua pasien yang menebus obat di IFRS Bhakti Wira Tamtama. Analisa yang digunakan yaitu indikator kepuasan pelanggan dan pertumbuhan pelanggan IFRS Bhakti Wira Tamtama.
Hasil penelitian pada perspektif pelanggan menunjukkan 96% pasien menyatakan puas terhadap pelayanan IFRS Bhakti Wira Tamtama, pasien menyatakan puas terhadap kinerja IFRS Bhakti Wira Tamtama sebesar 84,3%, rata-rata jumlah pertumbuhan pelanggan IFRS Bhakti Wira Tamtama menunjukan 2,35% tiap bulannya, ada korelasi yang positif antara kinerja IFRS dengan kepuasan pelanggan yang menggunakan uji Rank-Spearman dengan nilai r = 0,708 > r tabel = 0,1388.
Kesimpulan yang diambil bahwa adanya korelasi yang positif antara kinerja IFRS dengan kepuasan pelanggan. Artinya kinerja IFRS sangat mempengaruhi kepuasan pelanggan.

Kata kunci : perspektif pelanggan, IFRS Bhakti Wira Tamtama, kepuasan pasien, pertumbuhan pelangan

Dosen Pembimbing: UNSPECIFIED | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Farmasi > Mahasiswa FF - Skripsi Farmasi
Fakultas Farmasi > Mahasiswa FF - Skripsi Farmasi
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 12 Feb 2018 05:34
Last Modified: 12 Feb 2018 05:34
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10005

Actions (login required)

View Item View Item