Mukhofif, Nasrul (2016) ANALISIS KINERJA INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD PADA PERSPEKTIF PELANGGAN Kepuasan Pasien Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang Pada Tahun 2015. Undergraduate thesis, Fakultas Kedokteran UNISSULA.

[thumbnail of abstrak_1.pdf]
Preview
Text
abstrak_1.pdf

| Preview Download (89kB)
[thumbnail of daftar isi_1.pdf]
Preview
Text
daftar isi_1.pdf

| Preview Download (100kB)
[thumbnail of cover_1.pdf]
Preview
Text
cover_1.pdf

| Preview Download (982kB)
[thumbnail of bab I_1.pdf] Text
bab I_1.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (179kB)
[thumbnail of bab II_1.pdf] Text
bab II_1.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (388kB)
[thumbnail of bab III_1.pdf] Text
bab III_1.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (201kB)
[thumbnail of bab IV_1.pdf] Text
bab IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (112kB)
[thumbnail of bab V_1.pdf] Text
bab V_1.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (90kB)
[thumbnail of daftar pustaka_1.pdf]
Preview
Text
daftar pustaka_1.pdf

| Preview Download (253kB)

Abstract

RS Islam Sultan Agung adalah rumah sakit umum kelas B, RS Islam Sultan Agung mempunyai pelayanan obat yang dipusatkan di IFRS Islam Sultan Agung, dalam menciptakan kinerja secara total perlu dilakukan evaluasi kinerja yang mencakup keseluruhan aspek yaitu metode Balanced Scorecardyang dapatmenganalisis suatu kinerja dengan empat perspektif salah satunya yaitu perspektif pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja IFRS Islam Sultan Agung yang ditinjau dengan pendekatan Balanced Scorecard ditinjau dari perspektif pelanggan.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik. Data yang diperoleh adalah data kualitatif dan data kuantitatif . subyek penelitian adalah pelanggan eksternal dan pelanggan internal IFRS Islam Sultan Agung. Analisa yang digunakan yaitu indikator kepuasan pasien IFRS Islam Sultan Agung.
Hasil penelitian pada perspektif pelanggan berdasarkan kuesioner terhadap 200 pasien menunjukkan sebanyak 92,5% responden menjawab puas terhadap pelayanan IFRS Islam Sultan Agung. Aspek yang paling mendapat respon positif dari responden adalah bahwa responden yakin dengan ketelitian petugas dalam menyiapkan obat (99%) sedangkan aspek yang paling rendah adalah lamanya menunggu sejak resep diserahkan sampai dengan obat diterima(60%) dan perhatian petugas yang diberikanterhadap keluhan pasien (65,5%).
Kesimpulan yang diambil bahwaKinerja IFRS Islam Sultan Agung dinilai sudah baik ditinjau dengan menggunakan balanced scorecard pada perspektif pelanggan.
Kata kunci: perspektif pelanggan, IFRS Islam Sultan Agung, kepuasan pasien.

Dosen Pembimbing: UNSPECIFIED | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Farmasi > Mahasiswa FF - Skripsi Farmasi
Fakultas Farmasi > Mahasiswa FF - Skripsi Farmasi
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 08 Sep 2016 02:37
Last Modified: 08 Sep 2016 02:37
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/4818

Actions (login required)

View Item View Item