Suniati, Suniati (2025) KONTRIBUSI K.H. MAS’UD ABDUL QODIR DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM (DI PONDOK PESANTREN DARUL AMANAH KENDAL). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502400584_fullpdf.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400584_fullpdf.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502400584_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400584_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (190kB)

Abstract

Pendidikan di Indonesia menghadapi tantangan kompleks, terutama dalam menjaga nilai-nilai tradisional di tengah arus globalisasi, kemajuan teknologi informasi, dan pergeseran nilai sosial. Pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam memiliki peran strategis dalam mempertahankan identitas keislaman sekaligus menjawab tuntutan zaman. Dalam konteks ini, sosok K.H. Mas’ud Abdul Qodir penting untuk diteliti, mengingat kontribusi dan pemikirannya dalam merancang pendidikan Islam yang holistik, adaptif, dan kontekstual sesuai kebutuhan masyarakat modern.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pemikiran KH. Mas’ud Abdul Qodir dalam pengembangan pendidikan Islam, (2) mengidentifikasi strategi implementasi pendidikan Islam, dan (3) menganalisis kontribusinya dalam membangun sistem pendidikan di Pondok Pesantren Darul Amanah, Kendal.
Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan triangulasi data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data diperoleh dari KH. Mas’ud Abdul Qodir, keluarga, guru, tokoh masyarakat, alumni, dan santri. Analisis dilakukan melalui reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan untuk memahami kontribusinya dalam pengembangan pendidikan Islam.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa KH. Mas’ud Abdul Qodir memposisikan pendidikan sebagai sarana transformatif dalam membentuk karakter santri yang religius, mandiri, dan responsif terhadap perubahan zaman. Strategi yang digunakan mencakup integrasi kurikulum agama dan umum, penguatan akhlak, pemanfaatan teknologi digital, pemberdayaan masyarakat melalui dakwah sosial, dan pengembangan kewirausahaan pesantren. Pendekatan ini melahirkan sistem pendidikan Islam yang terintegrasi dan kontekstual, menghasilkan alumni yang tidak hanya berakhlak mulia, tetapi juga produktif secara sosial dan ekonomi.

Kata Kunci: Pendidikan; Pesantren; Kemandirian; Transformasi

Dosen Pembimbing: Kurniawan, M Irfanudin and Irfan, Agus | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 15 Oct 2025 06:51
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42722

Actions (login required)

View Item View Item