Maisyaroh, Maisyaroh (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS AL QUR’AN PADA KONSEP GERAK TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS 7 SMP ISLAM TERPADU ABU BAKAR YOGYAKARTA. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400323_fullpdf.pdf |
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400323_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran berbasis inkuiri yang diintegrasikan dengan ayat-ayat Al-Qur’an dalam meningkatkan prestasi sains siswa, khususnya pada konsep gerak. Desain quasi eksperimental digunakan dengan kelompok kontrol pretest posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelompok eksperimen yang memperoleh model pembelajaran berbasis inkuiri terintegrasi ayat Al Qur’an mempunyai nilai post test rerata nilai ilmu pengetahuan alam dalam tabel excel 91,33 yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan post test kelompok kontrol rerata nilai ilmu pengetahuan alam tabel excel rerata 79,74 . Hasil uji- t menunjukkan bahwa nilai P sebesar 0,001 < 0,05 sehingga peneliti menyimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan secara statistik antara dua kelompok, yang artinya model pembelajaran inkuiri berbasis al qur’an lebih efektif meningkatkan prestasi belajar siswa. Temuan ini menunjukkan bahwa mengintegrasikan nilai-nilai agama ke dalam pendidikan sains dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa.
Kata Kunci : Al Qur’an; Konsep Gerak; Model pembelajaran inkuiri; Prestasi Belajar IPA; Siswa Sekolah Menengah Pertama
Dosen Pembimbing: | Irfan, Agus and Warsiyah, Warsiyah | UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 14 Oct 2025 06:13 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42597 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |