ROSIDAH, IDAH (2025) PENGARUH MINAT DAN LINGKUNGAN TERHADAP KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI BAHASA ARAB SISWI BERASRAMA MAN 22 JAKARTA. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502400229_fullpdf.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400229_fullpdf.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502400229_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400229_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (88kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar dan lingkungan berbahasa terhadap kemampuan berkomunikasi menggunakan bahasa Arab pada siswi berasrama di MAN 22 Jakarta Barat. Kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Arab merupakan keterampilan penting yang perlu dikembangkan di madrasah berasrama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Instrumen penelitian berupa angket, dengan teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana dan regresi linear ganda melalui program SPSS versi 25.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) minat belajar berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berkomunikasi, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan kontribusi sebesar 23%; (2) lingkungan berbahasa juga berpengaruh signifikan secara sederhana, dengan nilai signifikansi 0,019 < 0,05 dan kontribusi sebesar 10,3%; dan (3) secara simultan, minat belajar dan lingkungan berbahasa berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berkomunikasi, dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05 dan kontribusi gabungan sebesar 19,9%. Namun, dalam model regresi ganda secara parsial, hanya minat belajar yang berpengaruh signifikan (0,006 < 0,05), sedangkan lingkungan berbahasa tidak signifikan (0,876 > 0,05).
Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa minat belajar merupakan faktor dominan yang memengaruhi kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Arab. Sementara itu, pengaruh lingkungan berbahasa cenderung tidak langsung, sehingga memerlukan penguatan dan optimalisasi agar lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi peserta didik. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi masukan bagi pengembangan strategi pembelajaran bahasa Arab di madrasah berasrama.

Kata Kunci: minat belajar, lingkungan berbahasa, kemampuan berkomunikasi, bahasa Arab, madrasah berasrama.

Dosen Pembimbing: Manaf, Sofwan and Warsiyah, Warsiyah | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 02 Dec 2025 03:08
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42566

Actions (login required)

View Item View Item