NURBASARI, ANISA (2025) IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI BERAKHLAK DENGAN ASMAULHUSNA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SDN 1 SUKAMUKTI KOTA BANJAR JAWA BARAT. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502400099_fullpdf.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400099_fullpdf.pdf

| Download (2MB)
[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502400099_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400099_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (86kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SDN 1 Sukamukti, Kota Banjar, Jawa Barat. Pembelajaran yang masih bersifat konvensional menyebabkan siswa kurang aktif dalam mengamati, menanya, menganalisis, dan mengevaluasi suatu permasalahan. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang dapat mendorong siswa berpikir kritis, salah satunya adalah model Problem Based Learning (PBL).
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk: (1) Mendeskripsikan proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dengan menggunakan model Problem Based Learning, (2) Mendeskripsikan hasil evaluasi model Problem Based Learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada materi berakhlak dengan asmaul husna terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SD Negeri 1 Sukamukti Kota Banjar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian adalah guru PAI, kepala sekolah, dan 31 siswa kelas V SDN 1 Sukamukti. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik credibility, transferability, dependability, dan confirmability.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dilaksanakan melalui lima tahapan: (1) Orientasi peserta didik pada masalah, (2) Pengorganisasian siswa dalam belajar, guru berperan sebagai fasilitator, (3) Membimbing penyelidikan, (4) Mengembangkan dan menyajikan hasil karya, serta (5) menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Penerapan model Problem Based Learning terbukti mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa di SD Negeri 1 Sukamukti sesuai dengan karakteristik dan langkah-langkah PBL. Hal ini dibuktikan melalui hasil observasi, wawancara, dokumentasi, serta grafik perkembangan nilai rata-rata siswa yang menunjukkan peningkatan dari 62 menjadi 85 selama empat pertemuan. Model PBL berhasil menciptakan suasana belajar yang lebih aktif, interaktif, dan menantang. Siswa tidak hanya menerima materi secara pasif, tetapi juga dilatih untuk berpikir kritis dan bertanggung jawab atas proses belajarnya sendiri.

Kata Kunci: Problem Based Learning, Pendidikan Agama Islam, Berpikir Kritis, Siswa Sekolah Dasar

Dosen Pembimbing: Madrah, Muna Yastuti and Tjahjono, Ali Bowo | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 01 Dec 2025 06:48
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42514

Actions (login required)

View Item View Item