Hadi, Noor (2024) PERAN KEDISIPLINAN SISWA DAN PERILAKU KEBERAGAMAAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI TAHFIDZUL QUR’AN DI MTs. TAHFIDZ YANBU’UL QUR’AN KUDUS. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502300157_fullpdf.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300157_fullpdf.pdf

| Download (2MB)
[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502300157_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300157_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (590kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji peran kedisiplinan siswa dan perilaku keberagamaan orang tua dalam meningkatkan prestasi tahfidzul Qur’an di MTs. Tahfidz Yanbu'ul Qur'an Kudus. Meskipun kedisiplinan siswa mencakup aspek seperti kepatuhan terhadap aturan, manajemen waktu, dan konsistensi belajar, serta perilaku keberagamaan orang tua mencakup dukungan moral, spiritual, dan pengamalan nilai-nilai agama, hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua variabel tersebut tidak memiliki hubungan yang signifikan terhadap peningkatan prestasi tahfidzul Qur’an . Orang tua yang aktif dalam mengajarkan nilai agama memang dapat memotivasi anak, tetapi tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi tahfidz. Kesimpulannya, meski kedisiplinan siswa dan perilaku keberagamaan orang tua penting, faktor-faktor lain perlu diperhatikan untuk mencapai hasil tahfidzul Qur’an yang optimal.
Kata Kunci : kedisiplinan siswa, keberagamaan orang tua dan prestasi tahfidzul Qur’an

Dosen Pembimbing: Warsiyah, Warsiyah and Irfan, Agus | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana
Fakultas Agama Islam > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 20 Feb 2025 01:11
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/37689

Actions (login required)

View Item View Item