Pramono, Sigit (2014) FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBIJAKAN PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL DAN LINGKUNGAN (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI). Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi UNISSULA.

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

| Preview Download (172kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf]
Preview
Text
Abstrak.pdf

| Preview Download (158kB)
[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

| Preview Download (92kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

| Preview Download (198kB)

Abstract

Corporate Social Responsibility (CSR) atau PengungkapanTanggung
Jawab Sosial adalah suatu tindakan atau konsep yang dilakukan oleh perusahaan
(sesuai kemampuan perusahaan tersebut) sebagai bentuk tanggung jawab mereka
terhadap sosial/lingkungan sekitar dimana perusahaan itu berada. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang
mempengaruhi kebijakan pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan.
Faktor-Faktor tersebu tadalah leverage, profitabilitas, ukuran dewan komisaris,
ukuran perusahaan danstruktur kepemilikan saham yang meliputi kepemilikan
manajerial, kepemilikan institusional dan kepemilikan asing.
Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di
Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2009 – 2011. Total sampel penelitian adalah 39
perusahaan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data
dilakukan dengan uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis dengan menggunakan
metode regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa tingkat leverage dan kepemilikan
asing berpengaruh negative tidak signifikan terhadap kebijakan pengungkapan
tanggung jawab social perusahaan. Tingkat profitabilitas, ukuran dewan
komisaris, kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional berpengaruh
positif tidak signifikan terhadap kebijakan pengungkapan tanggung jawab social
perusahaan. Sedangkan ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan
terhadap kebijakan pengungkapan tanggung jawab social perusahaan di Indonesia.
Kata kunci :Kebijakan pengungkapan tanggung jawab social perusahaan (CSR),
leverage, profitabilitas, ukuran dewan komisaris, ukuran perusahaan, kepemilika
nmanajerial, kepemilikan institusional, kepemilikan asing.

Dosen Pembimbing: UNSPECIFIED | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jan 2016 02:03
Last Modified: 07 Jan 2016 02:03
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/2230

Actions (login required)

View Item View Item