Tyas, Ambar Pusponing (2014) PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BEI. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi UNISSULA.

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

| Preview Download (160kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf]
Preview
Text
Abstrak.pdf

| Preview Download (103kB)
[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

| Preview Download (209kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

| Preview Download (296kB)

Abstract

Aktivitas investasi merupakan aktivitas yang dihadapkan pada berbagai
macam risiko dan ketidakpastian yang seringkali sulit diprediksikan oleh para
investor. Untuk mengurangi kemungkinan risiko dan ketidakpastian yang akan
terjadi, investor memerlukan berbagai macam informasi. Pengungkapan informasi
keuangan dan non keuangan diatas tentunya tidak terlepas dari peranan good
corporate governance, sebab berfungsi sebagai kontrol dalam pengelolaan
perusahaan, yang pada akhirnya juga dapat mempengaruhi nilai perusahaan. Tujuan
dalam penelitian ini adalah untuk memberikan bukti empiris pengaruh corporate
social responsibility terhadap nilai perusahaan, untuk memberikan bukti empiris
pengaruh corporate governance (jumlah dewan komisaris, dewan komisaris
independen, komite audit, kepemilikan institusional) terhadap nilai perusahaan.
Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur di BEI tahun 2010-2012,

Total sampel perusahaan berjumlah 34 perusahaan yang diambil dengan
menggunakan metode purposive sampling. Jenis data yang dipergunakan adalah data
sekunder, dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui dokumentasi.
Metode analisis pada penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan
menggunakan uji t, uji F dan koefisien determinasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa CSR, proporsi dewan komisaris dan
jumlah anggota komite audit berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan,
ukuran dewan komisaris dan kepemilikan manajerial berpengaruh tidak signifikan
terhadap nilai perusahaan. Variabel kontrol dalam penelitian ini adalah umur
perusahaan, ukuran perusahaan, dan sales growth. Diantara tiga variabel kontrol
dalam penelitian ini yang berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan adalah
ukuran perusahaan dan jenis industri

Dosen Pembimbing: UNSPECIFIED | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Mahasiswa FEB - Skripsi Akuntansi
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 23 Oct 2015 01:38
Last Modified: 23 Oct 2015 01:38
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/1393

Actions (login required)

View Item View Item