Aryati, Aryati (2018) DAMPAK KARAKTERISTIK PERUSAHAAN DAN ADVERTISING EXPENSES TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN TAX AVOIDANCE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

| Download (460kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

| Download (127kB)
[thumbnail of Daftarisi.pdf] Text
Daftarisi.pdf

| Download (267kB)
[thumbnail of Pernyataan_publikasi.pdf] Text
Pernyataan_publikasi.pdf

| Download (72kB)
[thumbnail of BabI.pdf] Text
BabI.pdf

| Download (108kB)
[thumbnail of BabII.pdf] Text
BabII.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (269kB)
[thumbnail of BabIII.pdf] Text
BabIII.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (181kB)
[thumbnail of BabIV.pdf] Text
BabIV.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (244kB)
[thumbnail of BabV.pdf] Text
BabV.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (95kB)
[thumbnail of Daftar_pustaka.pdf] Text
Daftar_pustaka.pdf

| Download (140kB)

Abstract

Pajak perlu dioptimalkan guna mempercepat pembangunan nasional. Namun dalam pelaksanaanya, perusahaan cenderung tidak patuh dengan peraturan pajak yang berlaku. Perusahaan cenderung lebih mengutamakan memaksimalkan laba perusahaan dan nilai perusahaan. Untuk memaksimalkan laba, perusahaan cenderung melakukan tindakan tax avoidance. Tindakan tax avodance dapat dipengaruhi oleh karakteristik perusahaan dan advertising expenses. Karakteristik perusahaan diantaranya likuiditas, leverage danukuran perusahaan.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode tahun 2014 – 2016 sebesar 150 perusahaan. Untuk menentukan jumlah sampel, maka dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, yaitu teknik pengambilan sampel berdasarkan beberapa kriteria tertentu, sehingga diperoleh jumlah sampel sebesar 34 perusahaan. alat analisisnya menggunakan Path Analysis, dimana sebelumnya dilakukan uji asumsi klasik. Berdasarkan hasil pengujian menunjukkan bahwa likuiditas dan advertising expenses berpengaruh negatif signifikan terhadap tax avoidance, sedangkan leverage dan ukuran perusahaan berpengaruh positif tidak signifikan terhadap tax avoidance. Likuiditas dan ukuran perusahaan berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap nilai perusahaan, leverage dan tax avoidance berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan advertising expenses berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan. Tax avoidance tidak mampu menjadi pemediasi antara likuiditas, leverage, ukuran perusahaan, dan advertising expenses dengan nilai perusahaan.

Dosen Pembimbing: Kiryanto, Kiryanto | nidn0628106301
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 14 Nov 2019 06:02
Last Modified: 14 Nov 2019 06:02
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/13271

Actions (login required)

View Item View Item