Syahputra, Bekti (2018) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, PENDAPATAN, GENDER, DAN TEMPAT TINGGAL TERHADAP AKUNTANSI RUMAH TANGGA (Studi Kasus Universitas Sultan Agung Kampus Seroja Semarang). Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi UNISSULA.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

| Preview Download (858kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

| Preview Download (43kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

| Preview Download (67kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

| Preview Download (43kB)
[thumbnail of publikasi.jpeg]
Preview
Image
publikasi.jpeg

| Preview Download (161kB)
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

| Preview Download (82kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (130kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (192kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (229kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (41kB)
[thumbnail of DAFTAR PUTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUTAKA.pdf

| Preview Download (19kB)

Abstract

Berdasarkan data dari Kementerian Agama di tahun 2014, 1 dari 10 pernikahan di Indonesia berakhir dengan perceraian karena faktor ekonomi. Sedangkan hasil penelitian Vidisha (2016) menyimpulkan praktik akuntansi rumah tangga belum mendapat perhatian besar di kalangan ilmuwan akuntansi, Vidisha juga berpendapat masih sedikit yang mengetahui bagaimana akuntansi digunakan di rumah tangga. Atas dasar penelitian terdahulu peneliti memberi judul pengaruh tingkat pendidikan, pendapatan, gender, dan tempat tinggal terhadap akuntansi rumah tangga.
Tujuan penelitian mengeksplorasi penelitian-penelitian terdahulu yang terkait faktor-faktor yang membahas tentang akuntansi rumah tangga dan menerangkan beberapa variabel yang hampir sama, diantaranya tentang pengaruh tingkat pendidikan, tingkat pendapatan, gender, dan tempat tinggal terhadap penerapan akuntansi rumah tangga. Populasi penelitian di kampus Unissula Semarang, dengan sampel sebanyak 42 orang responden. Jenis penelitian menggunakan explanatory research, pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diuji validitas dan reliabilitasnya. Metode analisis data menggunakan uji regresi linier berganda, berserta uji hipotesisnya yang sebelumnya diuji dengan uji asumsi klasik (normalitas, multikolinearitas dan heterokedastisitas).
Hasil pengolahan data diperoleh, secara parsial (uji t) statistic variabel tingkat pendidikan berpengaruh tehadap akuntansi rumah tangga dengan nilai thitung 3,190 dan ttabel 2,026 dengan sig. 0,003. Variabel tingkat pendapatan berpengaruh tehadap akuntansi rumah tangga dengan nilai thitung 14,609 dan ttabel 2,026 dengan sig. 0,000. Variabel gender berpengaruh tehadap akuntansi rumah tangga dengan nilai thitung 9,005 dan ttabel 2,026 dengan sig. 0,000, sedangkan variabel tempat tinggal tidak berpengaruh tehadap akuntansi rumah tangga dengan nilai thitung 0,325 dan ttabel 2,026 dengan sig. 0,747. Uji simultan (uji F) menunjukkan adanya pengaruh sig. dengan nilai Fhitung 336,369 dan nilai Ftabel 2,626 dengan sig. 0,000. Berdasarkan hasil penelitian disarankan, peneliti berikut memperluas variabel penelitian, masayarakat agar menerapkan akuntansi rumah tangga untuk memperbaiki tata kelola pendapatan dan pengeluaran, sedangkan bagi pemerintah konsep ini dapat diadopsi untuk mengurangi angka perceraian.

Kata kunci : tingkat pendidikan, tingkat pendapatan, gender, tempat tinggal, akuntansi rumah tangga.

Dosen Pembimbing: UNSPECIFIED | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Mahasiswa FEB - Skripsi Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 05 Oct 2018 04:04
Last Modified: 05 Oct 2018 04:04
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11106

Actions (login required)

View Item View Item