PENINGKATAN DISIPLIN DAN PEMAHAMAN KONSEP IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DI KELAS V SD N BANGETAYU WETAN 02

Oktavia, Zaini (2017) PENINGKATAN DISIPLIN DAN PEMAHAMAN KONSEP IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DI KELAS V SD N BANGETAYU WETAN 02. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB I.pdf

Download (103kB) | Preview
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (645kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: untuk meningkatkan disiplin dan pemahaman konsep mata pelajaran IPS melalui model pembelajaran Scramble di kelas V SDN Bangetayu Wetan 02, Kecamatan Genuk, Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN Bangetayu Wetan 02 yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan tes. Adanya peningkatan disiplin belajar siswa yang ditunjukan dengan peningkatan pemahaman dalam belajar siswa dalam setiap siklusnya. Pada siklus I diperoleh dengan persentase 75,10% dengan kriteria disiplin baik. Adanya siklus I dengan persentase ketuntasan kelas 64%. Pada siklus II dengan persentase ketuntasan kelas 90%. Pada pemahaman konsep siklus I ada tingkatan yaitu tingkatan terendah persentase 81%, tingkat pemahaman sedang persentase 80% sedangkan tingkat pemahaman tertinggi persentase 70% kemudian pada siklus II Pemahaman konsep tingkat terendah persentase 95%, tingkat pemahaman sedang persentase 83% dan tingkat pemahaman tinggi persentase 87%. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Scramble dapat meningkatkan disiplin dan pemahaman konsep belajar siswa di kelas V SDN Bangetayu Wetan 02. Kata Kunci:Disiplin, Pemahaman Konsep, Model Pembelajaran Scramble

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 19 Jan 2018 03:07
Last Modified: 19 Jan 2018 03:07
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/9551

Actions (login required)

View Item View Item