PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DI KELAS V SD 2 PASURUHAN KIDUL

Shofiana, Triana Rahayu (2017) PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DI KELAS V SD 2 PASURUHAN KIDUL. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB I.pdf

Download (27kB) | Preview
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa mata pelajaran IPA melalui model discovery learning di kelas V SD 2 Pasuruhan Kidul, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD 2 Pasuruhan Kidul yang berjumlah 16 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Teknik tes berupa soal evaluasi, sedangkan teknik non tes terdiri dari observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Adanya peningkatan motivasi belajar siswa ditunjukkan dengan peningkatan aspek motivasi belajar siswa dari siklus I dengan persentase 87,5% dengan kriteria motivasi belajar siswa sangat baik meningkat ke siklus II dengan persentase 100% dengan kriteria sangat baik. Peningkatan prestasi belajar siswa ditunjukkan dengan peningkatan prestasi belajar siswa dari siklus I memperoleh nilai rata-rata 71,25 dengan persentase ketuntasan belajar 62,5% meningkat ke siklus II dengan perolehan nilai rata-rata 80 dengan persentase ketuntasan belajar 87,5%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa model discovery learning dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa di kelas V SD 2 Pasuruhan Kidul. Kata Kunci: Motivasi, Prestasi Belajar, Model Discovery Learning

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 19 Jan 2018 03:06
Last Modified: 19 Jan 2018 03:06
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/9539

Actions (login required)

View Item View Item