Panji P, Muharrom (2017) PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN AUDIO VISUAL KELAS V SDN 08 KEDUNGSARI. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
1. COVER.pdf Download (356kB) | Preview |
|
|
Text
2. DAFTAR ISI.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
3. BAB I.pdf Download (100kB) | Preview |
|
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (291kB) |
||
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (456kB) |
||
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (217kB) |
||
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (233kB) |
||
|
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (134kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi di kelas V SDN 8Kedungsari, menunjukan bahwa minat belajar siswa masih kurang terbukti dengan kurangnya ketertarikan siswa untuk mengikuti pembelajaran, selain itu prestasi belajar siswa mata pelajaran IPS masih rendah dibuktikan dengan hasil nilai yang masih banyak dibawah KKM.Penelitian yang dilaksanakan termasuk penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar IPS materi perjuangan tokoh melawan penjajahPerjuanganmenggunakan model number head togetherberbantuan audio visualdi kelas V SDN8Kedungsari Kecamatan GebogKudus. Subyek penelitian ini kelas V SDN8Kedungasari24 siswa. Penelitian dilaksanakan dengan 2 siklus. Pada setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi.Pada siklus I pertemuan 1minat belajar siswa mendapatkan presentase 67%dengan jumlah siswa yang mendapatkan kategori baik dan sangat baik adalah 15 dan 1 siswa dan siklus I pertemuan 2 mendapat presentase 71% dengan jumlah siswa yang mendapatkan kategori baik dan sangat baik adalah 16 dan 1 siswa, pada siklus II pertemuan 1 mendapat presentase 83%dengan jumlah siswa yang mendapat kategori baik dan sangat baik adalah 4dan 16 siswa, pada siklus II pertemuan 2 mendapat 92% kriteria sangat baik dengan jumlah siswa yang mendapatkan kategori baik dan sangat baik adalah 3 dan 19 siswa. Pada prestasi belajar, siklus I memperoleh presentase klasikal 67% denan rata-rata kelas 77,08, sedangkan siklus II memperoleh ketuntasan klasikal 88% dengan rata-rata kelas 83,75. Dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe number head together berbantuan audio visual dapat meningkatkan minatdan prestasi belajar IPS siswa kelas V SDN8Kedungsari. Kata Kunci : Prestasi Belajar, Minat, Model Kooperatif tipe Number Head Together
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 17 Jan 2018 01:33 |
Last Modified: | 17 Jan 2018 01:33 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/9433 |
Actions (login required)
View Item |