PENINGKATAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DI KELAS V SD ISLAM NURUL QUR’AN KUDU

Fuadah, Ahsana (2016) PENINGKATAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DI KELAS V SD ISLAM NURUL QUR’AN KUDU. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB I.pdf

Download (179kB) | Preview
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (576kB)
[img]
Preview
Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (229kB) | Preview
[img] Text
7. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB)
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar siswa mata pelajaran IPA melalui model pembelajaran Scramble di kelas V SD Islam Nurul Qur’an Kudu. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan dua kali pertemuan pada setiap siklusnya. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemandirian dan prestasi belajar siswa. Kemandirian siswa pada siklus I memperoleh persentase rata-rata 67,05% dengan kriteria baik. dan pada siklus II terjadi peningkatan kemandiriansiswa yang sangat baik yaitu memperoleh persentase rata-rata 87,50% dengan kriteria sangat baik. Sedangkan prestasi belajar siswa pada siklus I diperoleh rata-rata kelas 74,4 dengan ketuntasan belajar 68% kriteria baik dan pada siklus II terjadi peningkatan prestasi belajar dengan rata-rata 84,4 dan ketuntasan belajar 88% kriteria sangat baik. Jadi dapat dikatakan nilai prestasi belajar sudah memenuhi indikator yaitu persentase ketuntasan >80%. Dengan demikian penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Scramble dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Kata Kunci: Kemandirian, prestasi belajar, model pembelajaran Scramble

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 03 Jan 2017 01:30
Last Modified: 03 Jan 2017 01:30
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6535

Actions (login required)

View Item View Item