KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII PADA MATERI SEGIEMPAT

Shofariyah, Siti (2016) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII PADA MATERI SEGIEMPAT. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER_1.pdf

Download (626kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK_1.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI_1.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_1.pdf

Download (185kB) | Preview
[img] Text
BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB)
[img] Text
BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB)
[img] Text
BAB IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB)
[img] Text
BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (84kB) | Preview

Abstract

Kata kunci: kemampuan berpikir kritis, model pembelajaran Time Token, Segiempat Berpikir kritis adalah suatu kegiatan atau proses kognitif, tindakan mental untuk memperoleh pengetahuan, pemahaman dan keterampilan agar mampu menemukan jalan keluar dan keputusan secara deduktif, induktif dan evaluatif sesuai dengan tahapannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Time Token terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII pada materi Segiempat MTs Miftahul Mubtadiin Tambakan. Penelitian ini merupakan eksperimen semu (quasi exsperiment). Proses pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, diperoleh 2 kelas yaitu kelas VII B sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Time Token dan kelas VII C sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model ekspositori. Variabel penelitian ini terdiri dari kemampuan berpikir kritis dan pengaruh motivasi belajar dalam model pembelajaran Time Token. Metode analisis data dilakukan dengan menerapkan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Pengujian hipotesis yang pertama menggunakan uji t dua pihak, kedua menggunakan uji regresi linear sederhana, dan ketiga uji t satu pihak. Hasil analisis keefektifan pada kemampuan berpikir kritis pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Time Token (kelas eksperimen) menunjukkan angka 78,18 lebih baik dari pada pembelajaran ekspositori (kelas kontrol) menunjukkan angka 70,41. Pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis dalam model pembelajaran Time Token pada materi Segiempat sebesar 90,9% dengan model regresi sederhana adalah Y ̂=-0,298+1,027x. Rata-rata skor kemampuan berpikir kritis dalam model pembelajaran Time Tokensebesar 78,18 dengan melihat rata-rata kemampuan berpikir kritis yang mencapai kategori Baik yaitu sebesar 75, maka pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Time Token efektif terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi Segiempat siswa kelas VII MTs Miftahul Mubtadiin Tambakan tahun ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 30 Dec 2016 03:27
Last Modified: 30 Dec 2016 03:27
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6347

Actions (login required)

View Item View Item