Juniaditha, Avilia (2015) STRATEGI MEDIA RELATIONS PT.TELKOM REGIONAL IV JATENG & DIY. Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Komunikasi UNISSULA.
|
Text
Cover.pdf Download (52kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (91kB) | Preview |
Abstract
Public Relations bagi sebuah instansi memiliki peranan yang sangat penting.Public relations di PT.Telkom telah menjalankan fungsinya dengan baik,tetapi dalam menjalin hubungan dengan media atau media relations tidak mudah dilakukan. Padatnya aktivitas wartawan untuk melakukan reportase membuat fokus pemberitaan tidak hanya terpaku pada satu kegiatan yang dilaksanakan oleh perusahaan. Pemberitaan mengenai PT.Telkom juga bukan hanya berita positif saja, tapi termasuk berita negatif yang dapat menimbulkan opini publik yang negatif juga di benak Perusahaan itu sendiri maupun publik. PT.Telkom harus memiliki strategi agar hubungan dengan media dapat terjalin sehingga berdampak positf bagi perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi media relations PT.Telkom Regional IV Tipe penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.Pengambilan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi.Sumber data diperoleh dari data primer dan sekunder.Data primer diperoleh dari wawancara terhadap 2 (dua) informan.Sedangkan data sekunder diperoleh dari sumber-sumber lainnya yang dianggap representatif untuk dijadikan bahan analisis dalam penelitian. Analisis data dilakukan melalui penggambaran strategi yang dilakukan oleh PT.Telkom Divre IV dengan menggunakan teori strategi media relations yang dikemukakan oleh Yosal Iriantara. Hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa Strategi media relations PT.Telkom dalam mengelola relasi dilakukan dengan memberikan informasi, membangun hubungan informal dengan wartawan, dan membuat buku saku yang didalamnya terdapat daftar media. PT.Telkom telah mengembangkan strategi dengan cara menggunakan berbagai macam media yaitu media cetak, elektronik, dan internet. Selain itu pihak public relations PT.Telkom juga selalu membangun dan memelihara kontak dengan media dengan cara melakukan pertemuan dengan media, memberikan fasilitas kepada media, melakukan kerjasama dan juga memberikan informasi yang merata pada semua media. Strategi media relations PT Telkom juga didukung dengan kegiatan-kegiatan media relations seperti press conference, press release, press gathering. Kata kunci :Public Relations, Media Relations, Strategi Media Relations
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HX Socialism. Communism. Anarchism |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 16 Feb 2016 06:04 |
Last Modified: | 16 Feb 2016 06:04 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/2977 |
Actions (login required)
View Item |