Asiyah, Noor (2021) STRATEGI KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN KINERJA AKADEMIK GURU PAI PADA PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DI SMP NU AL MA’RUF KUDUS TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (561kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (642kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (662kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (659kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (564kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (725kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (536kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (663kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (924kB) |
|
Text
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Registered users only Download (479kB) |
|
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21501900012_fullpdf.pdf Download (2MB) |
Abstract
Strategi supervisi kepala sekolah berpengaruh terhadap kompetensi dan motivasi guru dalam meningkatkan kinerja guru. Artinya, strategi kepala sekolah dalam memimpin lembaga pendidikan (sekolah) khususnya dalam mengelola Sumber Daya Manusia untuk memaksimalkan proses belajar mengajar sangat urgen. Oleh karena itu strategi supervisi kepala sekolah sangatlah diharapkan karena hal itu cukup memberi kontribusi di dalam upaya memotivasi para guru atau karyawan di dalam sekolah yang dia pimpin. Salah satu kompetensi kepala sekolah adalah sebagai supervisor, tugas dan fungsinya yaitu membantu guru dalam menjalankan tugas agar dapat berjalan sesuai dengan harapan bersama, baik ditinjau dari aspek kurikulumnya, aspek tujuan, serta aspek visi dan misi sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini mengumpulkan data menggunakan deskripsi kualitatif, adapun metode-metodenya yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan melibatkan kepala sekolah dan guru Pendidikan Agama Islam SMP NU Al Ma’ruf Kudus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Perencanaan Kepala Sekolah sebagai supervaisor dalam meningkatkan kinerja guru PAI dilakukan melalui evaluasi atau supervisi dengan pendekatan langsung atau tidak langsung, yang disentuh adalah hatinya sehingga tidak menyinggung perasaan, serta melalui tahapan yang stimulan dan penghargaan. Strategi kepala sekolah dalam menegakkan kedisiplinan, memberikan keteladanan, membuka ruang komunikasi antar guru dan segenap unsur dalam sekolah serta motivasi yang bersifat membangun, menjadikan segala kendala yang ada dapat teratasi sehingga berdampak pada meningkatnya kinerja guru terutama Guru Pendidikan Agama Islam. Kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru dapat diatasi dengan melakukan Pembinaan serta Motivasi terhadap Guru Pendidikan Agama Islam dan Warga Sekolah, pemberdayaan SDM (Guru), dan Penyediaan Sarana dan Prasarana. Kata Kunci: Strategi Kepala Sekolah, Supervisor, Kinerja Akademik Guru PAI
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 02 Jun 2022 06:49 |
Last Modified: | 02 Jun 2022 06:49 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/22645 |
Actions (login required)
View Item |