Syifa, Nabila (2021) HUBUNGAN KARAKTERISTIK TUTOR DENGAN DINAMIKA KELOMPOK DALAM KEGIATAN SMALL GROUP DISCUSSION (SGD) MAHASISWA KEPERAWATAN UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (357kB) |
|
Text
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Registered users only Download (178kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (373kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (311kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (462kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (662kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (412kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (556kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (358kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (430kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (825kB) |
Abstract
HUBUNGAN KARAKTERISTIK TUTOR DENGAN DINAMIKA KELOMPOK DALAM KEGIATAN SMALL GROUP DISCUSSION MAHASISWA KEPERAWATAN UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG Latar Belakang : Small Group Discussion (SGD) merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat memiliki metode student centered learning, yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk berpikir kritis dalam mengatasi masalah yang muncul. Tutor berperan sebagai fasilitator mahasiswa. Dalam kegiatan ini mahasiswa dapat berdiskusi dan bertukar pendapat, sehingga dapat menciptakan dinamika kelompok di dalam kelompok tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara karakteristik tutor dengan dinamika kelompok dalam kegiatan Small Group Discussion (SGD). Metode : penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel penelitian random sampling dengan jumlah responden 128 responden. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Dan data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan uji Chi-Square. Hasil : dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa sebagian besar mahasiswa (71%) menilai memiliki dinamika kelompok yang baik, dan sebagian kecil mahasiswa (29%) menilai memiliki dinamika kelompok yang buruk. Hasil uji statistik untuk menilai usia tingkat pendidikan, dan pengalaman kerja tutor terhadap dinamika kelompok didapatkan nilai p-value secara berurutan adalah 0,008, 0,01 dan 0,046 yang berarti terdapat hubungan antara usia, tingkat pendidikan dan pengalaman kerja tutor terhadap dinamika kelompok. Hasil uji korelasi untuk variabel usia dan tingkat pendidikan menunjukan nilai korelasi yang rendah terhadap dinamika kelompok yaitu 0,23 dan 0,222, sedangkan untuk pengalaman bekerja sebesar 0,174. Hasil uji statistik untuk menilai hubungan pelatihan tutor dengan dinamika kelompok tidak dapat dihitung dikarenakan data mengenai pelatihan adalah konstan. Simpulan : terdapat hubungan antara usia, tingkat pendidikan dan pengalaman dalam bekerja dengan dinamika kelompok. Kata Kunci : karakteristik tutor, dinamika kelompok, Small Group Discussion Daftar Pustaka : 43 (1986 – 2020)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 12 Jan 2022 04:14 |
Last Modified: | 12 Jan 2022 04:14 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/21956 |
Actions (login required)
View Item |