Ula, Siti Khafidotul (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KOGNITIF PADA PEMBELAJARAN TEMA 6 SUBTEMA 2 KELAS 3 DI SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
COVER.pdf Download (772kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (277kB) |
|
Text
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Registered users only Download (26kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (354kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (355kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (442kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (451kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (316kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (338kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (403kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Ula, SK. 2021. Pengembangan Instrumen Penilaian Kognitif Pada Pembelajaran Tema 6 Subtema 2 Kelas 3 Di Sekolah Dasar, Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sultan Agung. Pembimbing I : Andarini Permata C., S.Pd., M.Pd., Pembimbing II : Jupriyanto, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini berfokus pada pemgembangan instrument penilaian kognitif. Kurangnya soal evaluasi pemeblajaran tema 6 energi dan perubahannya subtema 2 perubahan energi membuat siswa sulit memahami materinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan instrument penilaian kognitif Penelitian ini menggunakan model langkah-langkah pengembangan soal yang dikemukakan oleh Djemari Mardapi (2008). Didalam penelitian pengembangan tersebut ada sembilan langkah yaitu: (1) menyusun spesifikasi tes, (2) menulis tes, (3) menelaah tes, (4) melakukan ujicoba tes. Jumlah soal yang digunakan pada tahap ini yaitu: 30 soal pilihan ganda, 10 soal uraian singkat dan 6 soal esai., (5) menganalisis butir tes. Pada tahap ini didapatkan data Hasil dari validasi soal pilihan ganda diperoleh rata-rata skor 0.49, soal uraian singkat 0.56, esai 0. 52. Hasil dari tingkat kesukarani pilihan ganda 0.66, uraian singkat 0.36, esai 0. 35. Hasil dari daya beda pilihan ganda 0.37, uraian singkat 0.86, esai 0. 77. Hasil dari reliabilitas pilihan ganda diperoleh 0.87, (6) memperbaiki tes, (7) merakit tes, (8) melaksanakan tes. Soal yang digunakan berjumlah 15 pilihan ganda, 5 uraian singkat dan 3 esai. (9) menafsirkan hasil tes. Hasil dari produk akhir ini adalah soal evaluasi pembelajran. Dengan kelayakan Soal evaluasi diketahui lewat uji validasi ahli yang terdiri dari 3 validator yaitu 2 validator akademisi (dosen) dan 1 validator praktisi (guru), hasil dari uji validasi ahli untuk kisi-kisi soal pada kriteria isi dan tujuan rata-rata 0,85, kriteria kualitas instruksional 0,75 dan kriteria kualitas teknik 0,79. Hasil dari uji validasi ahli untuk soal evaluasi pada kriteria isi dan tujuan 0,85, kriteria kualitas instruksional 0,82 kriteria kualitas teknik 0,79. Hasil dari uji validasi ahli untuk instrument penilaian pada kriteria isi dan tujuan 0,85, kriteria kualitas instruksional 0,84 dan untuk kriteria kualitas teknik 0,83. Semua masuk dalam kriteria layak. Secara keseluruhan sangat layak digunakan dalam pembelajaran. Kata kunci: instrument Penilaian, Soal evaluasi Pembelajaran, Kognitif
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 12 Jan 2022 03:31 |
Last Modified: | 12 Jan 2022 03:31 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/21527 |
Actions (login required)
View Item |