PENGEMBANGAN BANK SOAL BERBENTUK KARTU SOAL BERBASIS HOTS PADA MUATAN BAHASA INDONESIA KELAS IV

Laily Safrina, Alifa (2020) PENGEMBANGAN BANK SOAL BERBENTUK KARTU SOAL BERBASIS HOTS PADA MUATAN BAHASA INDONESIA KELAS IV. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (764kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (134kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (240kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (135kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (252kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (860kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (987kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB)

Abstract

Penelitian ini untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan dari produk bank soal berbentuk kartu soal berbasis HOTS pada muatan Bahasa Indonesia. Produk bank soal berbentuk kartu soal dikembangkan berdasarkan kebutuhan guru terhadap sumber referensi lain dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (RnD). Pengembangan produk bank soal berbentuk kartu soal menggunakan prosedur penelitian pengembangan menurut Puspendik yang berisi 8 tahapan. Berdasarkan hal tersebut, diperoleh hasil penelitian antara lain (1) hasil validasi dari 3 ahli diperoleh rata-rata skor 0,83 dengan kriterian “Sangat Valid”. (2) hasil validasi produk diperoleh rata-rata 0,81 dengan kriteria “Sangat Valid”. (3) hasil butir soal uraian diperoleh rata-rata 0,81 dengan kriteria “Sangat Valid”. (4) hasil angket respon guru diperoleh rata-rata 1,00 dengan kriteria “Sangat Valid”, sedangkan hasil angket respon siswa memperoleh skor 5 pada setiap siswa. (5) hasil validitas soal memperoleh rata-rata 0,44 dengan kriteria “Cukup”. (6) hasil reliabilitas memperoleh skor 0,579 dengan kriteria “Cukup”. (7) hasil tingkat kesukaran diperoleh skor 0,49 dengan kriteria “Sedang”. (8) hasil daya pembeda diperoleh skor 0,61 dengan kriteria “Baik”. Berdasarkan hasil tersebut, pengembangan produk bank soal berbentuk kartu soal berbasis HOTS dapat dinyatakan layakuntuk digunakan sebagai evaluasi guru. Kata kunci: Bank soal, kartu soal, HOTS

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 09 Apr 2021 03:42
Last Modified: 09 Apr 2021 03:42
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18794

Actions (login required)

View Item View Item