ANALISIS KETERAMPILAN GURU DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS V DI SD

Awalia Susbianti, Wahyu (2020) ANALISIS KETERAMPILAN GURU DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS V DI SD. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (395kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (56kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (167kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (111kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (133kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan guru dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas V di SD tahun ajaran 2019/2020 semester ganjil. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa keterampilan guru dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas V di SD. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik observasi dilakukan oleh 3 guru kelas yaitu guru kelas V SD N Gebangsari 02, guru kelas VA SD N Gebangsari 02, dan guru kelas VB SD N Gebangsari 02. Tes dilakukan di kelas VA SD N Gebangsari 01, kelas VB SD N Gebangsari 01, dan kelas V SD N Gebangsari 02. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan guru sangat berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematika siswa, terbukti dari hasil tes observasi keterampilan guru dan didukung oleh hasil tes yang dikerjakan siswa. Apabila guru mengajarkan sesuai indikator, maka hasil siswa menunjukan nilai yang mayoritas diatas KKM, namun apabila guru mengajarkan kurang sesuai dengan indikator, maka nilai yang dihasilkan siswa pun juga mayoritas dibawah KKM. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah adalanya pengaruh keterampulan guru dalam pemahaman konsep matematika siswa kelas V di SD. Kata Kunci: Keterampilan Guru Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 26 Mar 2021 03:28
Last Modified: 26 Mar 2021 03:28
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18785

Actions (login required)

View Item View Item