ANALISIS IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK KURIKULUM 2013 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 03 KARANGASEM

MUKTI WIBOWO, DWI (2020) ANALISIS IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK KURIKULUM 2013 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 03 KARANGASEM. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (712kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (207kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (182kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (284kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (749kB)
[img] Text
Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (309kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)

Abstract

Penelitian terfokus pada pelaksanaan penilaian autentik Kurikulum 2013 kelas V SDN 03 Karangasem. Tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan pemahaman guru serta kendala guru selama pelaksanaan penilaian autentik Kurikulum 2013. Jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu guru kelas V dan siswa kelas V SDN 03 Karangasem. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Miles and Huberman dengan uji keabsahan data menggunakan triangulasi dan member check. Berdasarkan analisis data penelitian, dinyatakan bahwa penilaian autentik Kurikulum 2013 yang dilaksanakan guru kelas V sudah berjalan dengan baik. Kendala pelaksanaan penilaian autentik, meliputi: (1) dibutuhkan waktu menilai lebih banyak; (2) dikeluarkan biaya lebih banyak; (3) keterbatasan guru mengamati perilaku siswa; (4) pemahaman guru terhadap penilaian autentik masih kurang; (5) guru kurang percaya diri; (6) pengolahan nilai memerlukan waktu lama; (7) guru kurang menguasai IT. Guru perlu memahami pelaksanaan penilaian agar dapat dijalankan sesuai prosedur. Kata Kunci : Penilaian Autentik, Pembelajaran, dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 09 Apr 2021 03:32
Last Modified: 09 Apr 2021 03:32
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18760

Actions (login required)

View Item View Item