PENDEKATAN LEAN HEALTH CARE UNTUK MEMINIMASI WAKTU TUNGGU PELAYANAN RAWAT JALAN PUSKESMAS BANGETAYU SEMARANG MENGGUNAKAN VALUE STREAM MAPPING DAN ROOT CAUSE ANALYSIS

NURAINA, ROSELINA DWI (2020) PENDEKATAN LEAN HEALTH CARE UNTUK MEMINIMASI WAKTU TUNGGU PELAYANAN RAWAT JALAN PUSKESMAS BANGETAYU SEMARANG MENGGUNAKAN VALUE STREAM MAPPING DAN ROOT CAUSE ANALYSIS. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Cover.pdf

Download (744kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (346kB)
[img] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (304kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (609kB)
[img] Text
Abstraksi.pdf

Download (130kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (315kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kini setiap industri jasa berlomba untuk memberikan pelayanan yang terbaik agar mencapai tujuan utama memberikan kepuasan bagi pengguna layanananya. Salah satu contoh daripada industri jasa ialah industri pelayanan kesehatan misalnya Puskesmas. Puskesmas Bangetayu merupakan salah satu Puskesmas di Kota Semarang yang beralamatkan di Jl. Bangetayu, Genuk, Bangetayu Wetan, Kota Semarang. Puskesmas Bangetayu menerapkan standar waktu pelayanan yang telah ditetapkan pemerintah dalam surat keputusan Menteri Kesehatan No.129/MENKES/SK/II/2008 Tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit yaitu standar pelayanan rawat jalan dengan waktu tunggu ≤ 60 menit. Berdasarkan indikator waktu tunggu di rawat jalan, waktu tunggu pelayanan adalah waktu yang diperlukan mulai pasien mendaftar sampai dipanggil untuk dilayani oleh dokter. Permasalahan yang diketahui pada Puskesmas Bangetayu adalah lamanya waktu tunggu pelayanan melebihi 60 menit yaitu 2 jam 48 menit. Lamanya waktu tunggu pelayanan dikarenakan terdapat aktivitas – aktivitas yang tergolong dalam pemborosan. Penelitian dilakukan dengan penerapan lean healthcare, value stream mapping serta root cause analysis dengan usulan perbaikan dengan rappid process improvement workshop (hanya sampai tahap planning). Pada pembuatan current state mapping diketahui total leadtime 10.361 detik dengan value added time 184,04 detik, non value added time 9824,61 detik, dan necessary but non value added time 171,61 detik. Terdapat 7 jenis waste yaitu transportation, inventory, motion, waiting, overprocessing, defect dan human potential. Diketahui waste kritis dengan perhitungan metode Borda adalah waiting 0,224, transportation 0,208, motion 0,200, dan inventory 0,192. Dengan nilai process cycle efficiency sebesar 1,78%. Diketahui akar penyebab pemborosan pada waiting karena adanya double job, lamanya proses pengisian dan pencarian rekam medis, pada transportation disebabkan jarak antar poli yang berjauhan, pada motions disebabkan karena proses pencarian kembali rekam medis yang tidak ada, dan pada inventory disebabkan adanya tumpukan lembaran rekam medis baru dan nota pembayaran yang melebihi kapasitas tempat penyimpanan. Kemudian diusulkan menggunakan rapid process improvement workshop menggunakan perhitungan workload indicator staff need yaitu menambahkan 2 petugas pada pengambilan nomor antrian dan 3 petugas pada registrasi, serta mengganti bentuk cetakan nomor pendaftaran, menggunakan sistem paperless dari dinas kesehatan kota Semarang, mengadakan intercom tiap departemen dan menambahkan infromasi secara visual pada ruangan rawat jalan. Setelah dilakukan pembuatan future state mapping dan diketahui total leadtime 9345,54 dengan value added time 196,54 detik, non value added time 9085 detik, dan necessary but non value added time 70 detik. Dan presentase process cycle efficiency menjadi 2,10%. Kata Kunci : Lean Healthcare, Value Stream Mapping, Root Cause Analysis, Rappid Process Improvment Workshop, Workload Indicator Staff Need

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 11 Nov 2020 22:36
Last Modified: 11 Nov 2020 22:36
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/17968

Actions (login required)

View Item View Item