PERBANDINGAN ANTARA METODE PEMBELAJARAN SMALL GROUP DISCUSSION (SGD) DAN KONVENSIONAL TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN MENSTRUASI MAHASISWA KEBIDANAN UNISSULA

ULFAH, IIK NURUL (2020) PERBANDINGAN ANTARA METODE PEMBELAJARAN SMALL GROUP DISCUSSION (SGD) DAN KONVENSIONAL TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN MENSTRUASI MAHASISWA KEBIDANAN UNISSULA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
COVER_1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK_1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR ISI_1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)
[img] Text
LAMPIRAN_1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I_1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tahun 2013 kompetensi lulusan bidan yang sesuai dengan kebutuhan kerja saat ini hanya 15%. Pengetahuan merupakan salah satu aspek dalam kualitas pendidikan bidan. Small Group Discussion (SGD) merupakan salah satu bentuk dari student centered learning (SCL) mahasiswa dituntut untuk melakukan pemahaman dan pencarian pengetahuan melalui diskusi. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan perbandingan peningkatan pengetahuan menstruasi metode pembelajaran antara SGD dan konvensional. Penelitian ini adalah kuantitatif eksperimental prepost test design, peneliti membagi sampel menjadi 2 kelompok eksperimen (19) diberi perlakuan SGD dan kelompok komtrol (19) diberi perlakuan kuliah konvensional. Berdasarkan hasil dari uji Independent Sample T-test didapatkan nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,006 (< 0,05), maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara rata-rata tingkat pengetahuan menstruasi mahasiswa pada kelompok SGD dengan kelompok konvensional. Sehingga didapatkan hasil bahwa metode pembelajaran SGD mampu meningkatkan pengetahuan menstruasi mahasiswa kebidanan dan mampu menjadi metode pembelajaran yang efektif dalam mendukung tercapainya sistem student centered learning untuk institusi kebidanan lainnya. Kata Kunci: Small Group Discussion, Pengetahuan, Mahasiswa Bidan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > S1 Kebidanan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 02 Nov 2020 03:02
Last Modified: 19 Nov 2020 00:19
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/17809

Actions (login required)

View Item View Item