TINJAUAN YURIDIS PERLINDUANGAN HUKUM KONSUMEN DALAM TRANSAKSI JUAL BELI ONLINE (Aplikasi Shopee)

Arlana, Rizky (2019) TINJAUAN YURIDIS PERLINDUANGAN HUKUM KONSUMEN DALAM TRANSAKSI JUAL BELI ONLINE (Aplikasi Shopee). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (89kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (396kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (101kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (290kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (587kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (214kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB)

Abstract

E-commerce merupakan suatu cara masyarakat dalam memenuhi kebutuhan di tengah kesibukan sehari-hari. Di Indonesia banyak market place yang menyediakan untuk melakukan e-commerce. Dengan banyaknya penyedia e-commerce, banyak juga masalah yang timbul di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan transaksi jual beli pada aplikasi shopee, untuk mengetahui faktor-faktor yang mendorong masyarakat untuk melakukan transaksi jual beli secara online, untuk mengetahui perlindungan hukum terhadap konsumen yang melakukan transaksi jual beli secara online melalui aplikasi shopee. Metode penelitian yang digunakan adalah metode yuridis sosiologis dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data primer dengan wawancara dan data sekunder dengan membaca, mengkaji, dan menganalisa bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, dan bahan hukum terseir. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif yaitu ditafsirkan secara logis dan sistematis kemudian ditarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pelaksanaan transaksi di aplikasi shopee yaitu dengan log in, mencari barang, ajukan penawaran atau beli, masukan alamat rumah pengiriman, jasa pengirim, dan metode pembayaran, lalu melakukan pembayaran. Faktor yang mendorong masyarakat melakukan e-commerce karena lebih hemat, lebih lengkap, lebih murah, lebih praktis. Perlindungan konsumen dalam market place shopee, shopee melarang dan membatasi penjualan barang yang bila digunakan mengganggu keselamatan diri sendiri dan masyarakat. Kata Kunci: Perlindungan hukum, Konsumen, Transaksi online

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 28 Jan 2020 06:23
Last Modified: 28 Jan 2020 06:23
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/15712

Actions (login required)

View Item View Item