SALIS, AHMAD SUKRON (2019) IMPLEMENTASI PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH ALAM AR-RIDHA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
Cover.pdf Download (948kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (11kB) |
|
Text
Publikasi.pdf Download (370kB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (202kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (114kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Download (1MB) |
|
Text
Bab I.pdf Download (376kB) |
|
Text
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (462kB) |
|
Text
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (537kB) |
|
Text
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (564kB) |
|
Text
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (96kB) |
Abstract
Pendidikan merupakan jalan strategis untuk membangun peradaban bangsa. Untuk mencapai tujuan tersebut tentunya diperlukan interaksi positif antara guru dan peserta didik. Namun, faktanya banyak di sekolah konvensional seorang guru menjadikan peserta didik sebagai celengan yang selalu dijejali materi, dimana guru lebih aktif dan mendominasi dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, hadirnya sekolah alternatif menjadi harapan untuk mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia. Sekolah Alam sebagai sekolah alternatif menawarkan sistem pendidikan dengan menggunakan pendekatan kontekstual dimana peserta didik diarahkan untuk belajar sendiri melalui fakta-fakta yang terdapat di lingkungan mereka dan menjadikan alam sebagai grand design dalam proses pembelajaran. Penelitian ini difokuskan pada penerapan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di salah satu sekolah alternatif yaitu Sekolah Alam Ar-Ridho Semarang. Tujuan peneltian ini adalah untuk mengetahui penerapan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Alam Ar-Ridho Semarang yang meliputi proses perencanaan, pelaksanaan dan penilaian. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data yang meliputi: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Alam Ar-Ridho Semarang sudah berjalan baik. Hal ini dibuktikan dengan terpenuhinya semua komponen pendekatan kontekstual yaitu meliputi: Constructivism, Inquiry, Questioning, Learning Community, Modelling, Reflection, dan Authentic Assessment. Berdasarkan hasil temuan, disarankan kepada seluruh stakeholders sekolah untuk saling bekerjasama mengawal dan mengarahkan potensi peserta didik. Kata kunci: Pendekatan kontekstual, sekolah alam
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 23 Dec 2019 06:59 |
Last Modified: | 23 Dec 2019 06:59 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14154 |
Actions (login required)
View Item |