PENGARUH MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS V SD N 2 KALANGLUNDO

Alvita, Mustika Citra Afra (2019) PENGARUH MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS V SD N 2 KALANGLUNDO. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (609kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (139kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (164kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (91kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (11kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (161kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Student Facilitator and Explaining (SFE) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V SD N 2 Kalanglundo. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Post-test Only Control Group Design. Adapun populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas V SD N 2 Kalanglundo, yaitu sebanyak 32 siswa. Pengambilan sampel yang dilakukan oleh peneliti menggunakan teknik nonprobability Sampling atau disebut dengan sampling sistematis dan didapatkan sampel sebanyak 30 siswa. Data kemampuan berpikir kritis siswa dikumpulkan melalui tes kemampuan berpikir kritis yang berbentuk soal uraian dengan jumlah butir soal sebanyak 10 butir. Data hasil tes kemampuan berpikir kritis dianalisis dengan Uji paired Sample t-test. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa dengan uji paired sample t-test dengan menggunakan bantuan program SPSS, karena lower bernilai negatif dan Upper bernilai negatif atau Sig. (2-tailed) = 0,000 < α = 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima dimana Ha = terdapat pengaruh kemampuan berpikir kritis antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan berupa model Student Facilitator and Explaining. Kata Kunci : model pembelajaran Student Facilitator and Explaining, kemampuan berpikir kritis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 17 Dec 2019 07:02
Last Modified: 17 Dec 2019 07:02
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14044

Actions (login required)

View Item View Item