PENGARUH ICE BREAKING TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR DALAM RANAH AFEKTIF SISWA KELAS IV SD NEGERI BANGETAYU WETAN 01 KOTA SEMARANG

PRATIWI, GALUH SELIANI (2019) PENGARUH ICE BREAKING TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR DALAM RANAH AFEKTIF SISWA KELAS IV SD NEGERI BANGETAYU WETAN 01 KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (853kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (90kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (183kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (114kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (195kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (106kB)

Abstract

Penelitian berfokus pada pengaruh penggunaan ice breaking dalam pembelajaran terhadap konsentrasi belajar dalam ranah afektif siswa kelas IV SD Negeri Bangetayu Wetan 01. Pembelajaran di kelas IV SD Negeri Bangetayu Wetan 01 terdapat kegiatan ice breaking. Ice breaking yang digunakan antara lain yel-yel kelompok, yel-yel kelas, tepuk diam, tepuk tunggal-ganda, menyanyikan lagu anak gembala, dan gerak seperti burung terbang. Guru memberikan ice breaking di awal dan tengah pembelajaran. Adapun tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh ice breaking dalam pembelajaran terhadap konsentrasi belajar dalam ranah afektif siswa. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dengan menggunakan tiga teknik dalam pengambilan data yaitu observasi, wawancara, dan angket. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat pengaruh pada penggunaan ice breaking terhadap konsentrasi belajar dalam ranah afektif siswa. Setelah menggunakan ice breaking siswa kembali berkonsentrasi, bersemangat mengikuti pembelajaran, duduk dengan posisi tegak dan menghadap ke guru, kompak, serta dapat menyampaikan ide atau pendapat ketika berdiskusi dengan kelompok. Kata Kunci : Ice Breaking, Konsentrasi Belajar, Afektif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 17 Dec 2019 07:01
Last Modified: 17 Dec 2019 07:01
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14041

Actions (login required)

View Item View Item