THE EFFECTIVENESS OF CONSTRUCTIVISM TEACHING AND LEARNING TO IMPROVE STUDENTS’ WRITING ACHIEVEMENT (An Experimental Research of the Tenth Grade Students of SMK N 1 Demak in the Academic Year 2018/2019)

Nuryanti, Dadi (2019) THE EFFECTIVENESS OF CONSTRUCTIVISM TEACHING AND LEARNING TO IMPROVE STUDENTS’ WRITING ACHIEVEMENT (An Experimental Research of the Tenth Grade Students of SMK N 1 Demak in the Academic Year 2018/2019). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (759kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (354kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (314kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (220kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (110kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (426kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (151kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)

Abstract

Penelitian ini adalah tentang penggunaan pendekatan Konstruktivism untuk pembelajaran dalam menulis teks deskriptif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan pendekatan Konstruktivism dapat membantu siswa meningkatkan kemampuan mereka dalam menulis teks deskriptif. Dalam penelitian ini, pnulis menggunakan desain kuasi-eksperimental. Dalam penelitian ini difokuskan pada pengajaran menulis teks deskriptif terutama dengan menggunakan pendekatan Konstruktivism. Penulis mengambil siswa kelas X OTP 2 dan kelas X OTP 3 sebagai sempel penelitian. Total subjek penelitian ada 72 siswa. Dalam melakukan penelitian ini, penulis mengumpulkan data yang dilakukan melalui pre-test dan post-test. Hasil dari penelitian ini, nilai rata-rata siswa pada pre-test adalah untuk grup eksperimental dan untuk grup kontrol. Lalu, nilai rata-rata siswa pada post-test adalah 76.74 untuk grup eksperimental dan 67.91 untuk grup kontrol. Selanjutnya hasil dari T-test menunjukkan bahwa sig. (2-tailed) adalah 0.000 (α < 0.05). Hal yang menyatakan bahwa ada perbedaan signifikan terhadap pencapaian menulis siswa antara grup eksperimental dan grup kontrol. Karenanya dapat di simpulkan bahwa pendekatan Konstruktivism efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa pada teks deskriptif. Kata Kunci : Menulis, Teks Deskriptif, Pendekatan Konstruktivism

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 17 Dec 2019 04:22
Last Modified: 17 Dec 2019 04:22
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/13968

Actions (login required)

View Item View Item