HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DAN KEPERCAYAAN DIRI AKADEMIK DENGAN REGULASI DIRI DALAM BELAJAR PADA MAHASISWA DI UNIVERSITAS X

Dewi, Saka (2018) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DAN KEPERCAYAAN DIRI AKADEMIK DENGAN REGULASI DIRI DALAM BELAJAR PADA MAHASISWA DI UNIVERSITAS X. Undergraduate thesis, Fakultas Psikologi UNISSULA.

[img]
Preview
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 ABSTRAK.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
publikasi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB I.pdf

Download (43kB) | Preview
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15kB)
[img]
Preview
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (56kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dan kepercayaan diri akademik dengan regulasi diri dalam belajar pada mahasiswa di Universitas X. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional. Subjek dalam penelitian yaitu mahasiswa dengan populasi 33.270 mahasiswa dan sampel dalam penelitian adalah 450 mahasiswa. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 3 skala. Skala regulasi diri dalam belajar terdiri dari 52 aitem yang memiliki koefisien reliabilitas berkisar antara 0,304 hingga 0,602 dengan reliabilitas 0,921. Skala dukungan sosial teman sebaya terdiri dari 44 aitem yang memiliki koefisien reliabilitas berkisar antara 0,316 hingga 0,724 dengan reliabilitas 0,936. Skala kepercayaan diri akademik terdiri dari 24 aitem yang memiliki koefisien reliabilitas berkisar antara 0,304 hingga 0,602 dengan reliabilitas 0,885. Metode pengambilan sample menggunakan cluster random sampling. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda dan korelasi parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara dukungan sosial teman sebaya dan kepercayaan diri akademik dengan regulasi diri dalam belajar dengan nilai R = 0,649 dan Fhitung = 108,090 dengan signifikan 0,000 (p<0,01). Dukungan sosial teman sebaya dan kepercayaan diri akademik mempengaruhi regulasi diri dalam belajar sebesar 42,1%. Hasil uji korelasi parsial antara dukungan sosial teman sebaya dengan regulasi diri dalam belajar diperoleh nilai Rx1y = 0,138 dengan signifikan 0,017 (p<0,05). Hal tersebut menunjukkan adanya hubungan positif antara dukungan sosial teman sebaya dengan regulasi diri dalam belajar. Hasil korelasi parsial antara kepercayaan diri akademik dengan regulasi diri dalam belajar memperoleh nilai Rx2y = 0,627 dengan signifikan 0,000 (p<0,01). Hasil tersebut menunjukkan hubungan positif antara kepercayaan diri akademik dengan regulasi diri dalam belajar. Kata Kunci : regulasi diri dalam belajar, dukungan sosial teman sebaya, dan kepercayaan diri akademik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi
Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 05 Oct 2018 04:08
Last Modified: 05 Oct 2018 04:08
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11504

Actions (login required)

View Item View Item