PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BANTUAN MEDIA DRINKING STRAWS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN MINAT BELAJAR DI KELAS II SD NEGERI DUKUHSETI 03

Andreswari, Yuni Savela (2018) PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BANTUAN MEDIA DRINKING STRAWS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN MINAT BELAJAR DI KELAS II SD NEGERI DUKUHSETI 03. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (189kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (554kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah siswa secara umum dikatakan masih rendah, diperlukan terhadap guru untuk inovasi pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Model Contextual Teaching and Learning digunakan sebagai model pembelajaran yang berbasis pemnemuan sehingga siswa dapat menambah pengalaman sendiri dengan mengaitkan pembelajaran ke dunia nyata siswa. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Contextual Teaching and Learning dengan bantuan media Drinking Straws terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dan minat belajar siswa di kelas II SD Negeri Dukuhseti 03. Sampel dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas II. Kelas sempel di beri tes kemampuan pemecahan masalah. Kemudian data yang diperoleh oleh peneliti dianalisis untuk uji hipotesis yaitu uji regresi linier sederhana, uji proporsi ketuntasan belajar klasikal. Hasil analisis data akhir diperoleh kesimpulan bahwa: kemampuan pemecahan masalah memenuhi ketuntasan belajar klasikal ≥ 70 dengan peroleh nilai t ≥ t yaitu Hasil analisis uji t yang telah dilakukan oleh peneliti, menghasilkan thitung = 9,655 dengan ttabel = tα (dk = n-1), dengan taraf signifikansi 0,05 maka diperoleh ttabel = 2,093. Sehingga thitung > ttabel , maka H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi, Rata-rata Kemampuan Pemecahan Masalah matematika materi Menentukan Nilai Tempat pada siswa kelas II menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning dengan bantuan media Drinking Straws dapat memenuhi KKM. Berdasarkan hasil analisis data akhir penelitian dapat disimpulkan bahwa model Contextual Teaching and Learning pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika materi menentukan nilai tempat dan minat belajar siswa kelas II SD Negeri Dukuhseti 03. Kata Kunci : Pengaruh, Model Contextual Teaching and Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah, Minat Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 05 Oct 2018 04:12
Last Modified: 05 Oct 2018 04:12
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11468

Actions (login required)

View Item View Item